Sukses

Ini Perbedaan Usia Ideal Antara Pria dan Wanita sebagai Pasangan

Perbedaan usia antara pasangan dipercaya dapat mempengaruhi bertahan atau tidaknya sebuah hubungan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan di Emory University, Atlanta, membuktikan bahwa ternyata ada perbedaan usia yang paling ideal antara pria dan wanita yang menjalani hubungan cinta. Survei yang dilakukan terhadap 3 ribu orang menemukan bahwa semakin besar perbedaan usia antara Anda dan pasangan, semakin besar pula kemungkinan hubungan Anda tidak akan bertahan.

Pasangan dengan perbedaan usia 5 tahun dipercaya 18 persen lebih besar memiliki kemungkinan untuk berpisah daripada pasangan dengan usia yang sama. Mereka yang berkencan dengan orang-orang yang 10 tahun lebih tua dipercaya 39 persen lebih besar memiliki kemungkinan untuk berpisah, dan perbedaan usia 20 tahun dipercaya 95 persen berkemungkinan untuk berpisah daripada pasangan yang seusia. Ya, persentase yang cukup tinggi, bukan?

Para peneliti percaya bahwa perbedaan usia satu tahun adalah yang paling ideal, dengan kemungkinan berpisah hanya sebanyak 3 persen.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa demikian? Dalam kasus ini, alasan yang paling logis dan dapat dimengerti adalah bahwa orang-orang dengan usia yang berbeda menginginkan banyak hal yang berbeda pula dari hidup. Ada pula perbedaan nilai dan pandangan hidup yang dapat menyulitkan sebuah hubungan, seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Rabu (28/9/2016).

Namun, bukan berarti Anda tak bisa menjalani hubungan bahagia dengan pasangan yang 17 tahun lebih tua dari Anda. Jika Anda adalah wanita 21 tahun yang masih kuliah dan berkencan dengan pria 35 tahun yang sudah memiliki karier tetap dan kehidupan yang teratur, bisa dikatakan kemungkinan hubungan Anda akan berhasil sangat kecil. Namun bagaimana dengan orang-orang yang sedang berada dalam tahap kehidupan yang sama, namun dengan perbedaan usia di antara mereka?

Para peneliti dari Emory mengakui bahwa ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Ada karakter tertentu dalam pasangan, tanpa memandang perbedaan usia, yang dapat membuat mereka lebih tinggi kemungkinannya untuk berpisah. Misalnya, jika salah satu dari mereka memiliki anak, tentu akan menjadi kemungkinan konflik di masa depan. Kecocokan antara pasangan juga sangat menentukan bertahan tidaknya sebuah hubungan cinta.

Pada akhirnya, pola-pola yang dipelajari ini masih dalam tahap penelitian. Jangan merasa bahwa hubungan Anda takkan berhasil jika pasangan Anda jauh lebih tua atau lebih muda. Yang penting adalah mengetahui siapa diri Anda dan pasangan, dan mengapa Anda memutuskan untuk bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.