Sukses

Berencana Mengubah Karier di Usia 30? Baca Ini

Sebelum memutuskan mengubah karier di usia 30, perhatikan beberapa hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda menginjak usia 30, atau hampir mendekati? Pernahkah Anda menyesali pilihan karier yang dijalani ketika menginjak usia tersebut? Anda tidak sendiri.

Kebanyakan orang memilih karier dan jurusan kuliah di masa muda. Sebagai seseorang yang masih bertumbuh, terkadang Anda tidak mengetahui apa yang benar-benar diinginkan untuk menjalani hidup. Tak heran, mungkin Anda baru menyadari hal tersebut ketika menginjak usia 30, dimana seharusnya mulai memikirkan keuangan keluarga dan lainnya.

Menurut penulis dan psikolog, Dr Marcia Reynolds, wanita akan selalu merefleksikan karier dan pilihan hidup mereka ketika ingin memasuki dekade hidup yang baru. Dan ketika memasuki usia 30 tahun, wanita akan cenderung fokus pada kebahagiaan hidup jangka panjang, daripada mencari penghasilan yang lebih tinggi.

Dan jika Anda termasuk kumpulan orang yang ingin melakukan perubahan karier ketika menginjak usia 30, hal ini bukan sesuatu yang mustahil. Seperti dilansir dari Marieclaire.com, Selasa (27/9/2016), berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan.

1. Rencanakan keuangan Anda

Ketika menginjak usia 30, Anda mungkin harus mulai membuat komitmen dan rencana keuangan yang matang. Coba untuk menabung 3 bulan gaji untuk dana darurat. Dan jika Anda ingin melakukan pinjaman, lakukan saat Anda masih menjadi karyawan di perusahaan yang lama. Biasanya, bank akan melihat riwayat gaji karyawan selama 3 tahun ke belakang.

2. Lakukan penelitian

Jika Anda melihat semua blogger dan artis media sosial sekarang, ini akan menjadi sebuah motivasi untuk mengganti pilihan karier dan mengikuti passion dalam hidup. 

Namun, ketika memutuskan untuk menjalani pekerjaan yang kita sukai, Anda harus mencari tahu apa yang benar-benar menjadi passion Anda. Lakukan penelitian kecil tentang bidang yang Anda ingin geluti sebelum benar-benar memutuskan terjun ke dalamnya.

3. Jangan remehkan networking

Banyak orang yang malu dan enggan melakukan networking. Padahal, membangun jaringan adalah hal penting ketika Anda ingin membuka suatu kesempatan bisnis baru. Apalagi jika Anda membutuhkan jaringan untuk mengenalkan karier baru kepada dunia.

4. Ingat, kesuksesan tidak terwujud dalam satu malam

Mungkin ketika Anda membuat suatu bisnis baru, rencana proyek 2 tahun terlihat sangat lama untuk mencapai hasil. Namun ketika Anda mengerjakan dengan penuh semangat, lihat ke belakang dan cek apa yang telah Anda capai hanya dalam waktu 2 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.