Sukses

6 Kebiasaan Bikin Kulit Awet Muda

Kebiasaan sejak usia 20an sangat menentukan kulit awet muda hingga seterusnya.

Liputan6.com, Jakarta Awet muda artinya tubuh masih menjalankan fungsinya seperti pada usia muda. Salah satu tanda tubuh awet muda yang jelas terlihat adalah dari kulit.

Maka jika kulit terlihat kencang tanpa kerut, dan berkilau, itu merupakan tanda Anda awet muda. Lantas bagaimana mendapatkan kulit awet muda? Tentu kebiasaan sejak usia 20an sangat menentukan kelangsungan keremajaan kulit hingga seterusnya.

Dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (27/9/2016), berikut 6 kebiasaan yang membuat kulit awet muda.

1. Rajin membersihkan wajah
Meskipun Anda terlalu lelah menjelang tidur, Anda tetap harus membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian. Ini diperlukan untuk mencegah pori-pori wajah tersumbat, sehingga menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat.

2. Cukup tidur
Tidur ternyata merupakan salah satu kunci supaya tubuh tetap awet muda. Cukup tidur akan mencegah kulit kusam, sekaligus lingkaran hitam sekitar mata yang membuat wajah terlihat lebih tua.

3. Membatasi kafein
Kafein bersifat diuretik yang memicu dehidrasi. Padahal air merupakan kunci kulit tetap segar, bebas dari kerut dan kering. Karena itu, membatasi kafein adalah tindakan yang bijak, sekaligus rajin menggunakan pelembap.

4. Membatasi minuman beralkohol
Mirip dengan kafein, minuman beralkohol dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Belum lagi kandungan kalori di dalamnya cukup tinggi sehingga membuat Anda mudah gemuk.

5. Tidak merokok
Merokok dapat memicu penuaan dini. Ini karena rokok dapat memecah kolagen dan elastin sehingga membuat kulit cenderung keriput dan kendur.

6. Mengatur stres
Stres juga dapat memecah kolagen dan elastin kulit. Ini akibat reaksi hormonal yang terjadi saat stres. Karena itu, mengatur tingkat stres pada tubuh akan mengurangi risiko penuaan dini. Anda akan senantiasa menjadi awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.