Sukses

Apakah Seorang Teman Diam-Diam Tak Menyukai Anda? Ketahui di Sini

Menurut sains, setiap orang dikelilingi oleh teman-teman yang belum tentu betul-betul menyukainya.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda berpikir bahwa Anda adalah seseorang yang dikeliling oleh banyak lingkaran pertemanan? Anda mungkin ingin berpikir ulang.

Menurut studi yang dipublikasikan di The New York Times, orang-orang di sekeliling Anda belum tentu menyukai Anda seperti yang Anda pikirkan, seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Selasa (27/9/2016). Hal ini tentu bukan kabar baik bagi orang-orang yang sangat peduli terhadap pendapat orang lain tentang dirinya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kita ternyata tidak mampu memberikan penilaian yang tepat tentang orang-orang yang kita anggap sebagai 'teman'. Yang lebih buruk, jika Anda berpikir bahwa penilaian Anda tentang teman-teman Anda 94% akurat, ternyata Anda hanya 53% akurat. Jadi, bisa dikatakan, Anda tidak benar-benar mengenal siapa saja yang bisa disebut sebagai seorang teman. Bagaimanapun juga, hal tersebut tidak terlalu penting, karena Anda tak harus disukai oleh semua orang, bukan?

Menurut Robin I.M. Dunbar, seorang psikolog yang bicara pada The New York Times, banyak orang yang terlalu cepat menilai dan menganggap orang baru sebagai teman dekat tanpa banyak pertimbangan. 

"Banyak orang yang menganggap bahwa mereka memiliki lebih dari 5 orang teman dekat, namun perlu diketahui bahwa pertemanan tersebut belum tentu berkualitas," Robin I.M. Dunbar menjelaskan. "Setiap orang memiliki waktu dan emosi yang terbatas dalam menjalani sebuah pertemanan, sehingga hanya 5 tempat yang tersedia untuk pertemanan yang benar-benar intens dan kuat." Jika Anda memikirkan seberapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk media sosial, tidak heran jika Anda merasa bahwa Anda mempunyai banyak teman, padahal kenyataan tidak demikian.

Bagaimanapun juga, hasil penelitian ini tidak harus Anda khawatirkan. Tidak semua penilaian tentang pertemanan dapat dianggap paling tepat, karena persepsi setiap orang tentang nilai pertemanan juga berbeda-beda satu sama lain. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.