Sukses

10 Tempat Menakjubkan untuk Melihat Binatang Liar

Liputan6.com, Jakarta Saat mengunjungi kebun binatang tentu saja Anda melihat bagaimana kebiasaan binatang yang ada di dalamnya, dari makan atau sekedar bercengkerama dengan kawanan lainnya. Setelah itu Anda mungkin penasaran bagaimana kehidupan mereka di alam liar. Apa saja yang dilakukan, bagaimana mereka mencari makan, bagaimana bertahan hidup pada habitat asli mereka di alam liar.

Melihat binatang di alam liar menjadi dambaan setiap penyuka satwa, apalagi jika binatang itu mulai punah. Mungkin sekarang semua binatang sudah ada di kebun binatang. Namun, melihat langsung di habitatnya memiliki kepuasan tersendiri yang tidak Anda dapatkan di kebun binatang.

Seperti yang dilansir dari situs National Geographic, pada Selasa (27/09/2016), inilah 10 tempat dimana Anda dapat melihat habitat dari binatang.

1. Kepulauan Falkland

foto: www.antarctica.gov.au

Kepulauan ini berada di Samudra Atlantik yang terdiri dari pulau utama, Falkland Timur dan Falkland Barat, serta beberapa pulau kecil. Di sini Anda dapat melihat habitat asli dari albatros alis hitam, dimana 70% albatros alis hitam yang ada di dunia ada di sini.

2. Trinidad dan Tobago

foto: thinglink.com

Negara ini menjadi salah satu tempat berkembang biak dari 10.000 spesies penyu besar yang masih tersisa, yaitu penyu belimbing. Berat dari penyu belimbing bisa mencapai 900kg. Sebenarnya di Indonesia juga terdapat penyu belimbing, namun jumlahnya semakin tahun semakin menurun dan menjadi binatang yang dilindungi oleh pemerintah.

3. Hawaii

foto: wikipedia

Hawaii adalah satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang terpisah dari benua Amerika. Hawaii merupakan tempat populasi terbesar dari paus bungkuk, paus yang memiliki tubuh yang istimewa dimana memiliki sirip dada yang panjang serta kepala yang menonjol. Paus bungkuk dewasa panjangnya dapat mencapai 16 meter serta memiliki berat 36.0000 kg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meksiko, Madagascar, Kanada

4. Meksiko

foto: National Geographic

Meksiko menjadi tempat migrasi dari jutaan ekor kupu-kupu raja pada musim dingin. Kupu-kupu ini menempuh jarak sekitar 4000km untuk bermigrasi ke Meksiko City, mereka akan memilih pohon-pohon besar yang mempunyai batang tebal sebagai tempat mereka.

5. Madagaskar

foto: National Geographic

Madagaskar merupakan satu-satunya tempat hidup dari Lemuroidea. Binatang ini memiliki mata besar, ekor yang panjang, dan memiliki wajah yang mirip dengan perpaduan antara tupai dan kucing. Anda dapat menjumpai karakter lemuroidea dalam film Madagascar.

6. Kanada

foto: hcn.org

Di Taman Nasional Vuntut, Kanada yang berbatasan langsung dengan Alaska, rusa kutub bermigrasi dengan kawanan yang begitu banyak. Terdapat sekitar 130.000 ekor binatang yang bermigrasi dengan jarang lebih dari 2400km.

3 dari 4 halaman

New Mexico, Uganda

7. New Mexico

foto: uncycopedia

Ibu kota dari Meksiko ini menjadi tempat yang di lewati oleh tadarida brasiliensis, sejenis kelelawar berukuran sedang yang punya habitat di benua Amerika. Setiap sore, langit di kota ini selalu di hiasi oleh 500.000 ekor dari tadarida brasilisensis yang akan menuju Taman Nasional Goa Carlsbad.

8. Uganda

foto: wwf

Taman Nasional Bwindi Impenetrable merupakan tempat dari setengah gorila pegunungan yang ada di alam liar. Gorila pegunungan sangat senang dengan hutan yang lebat, maka dari itu Taman Nasional Bwindi Impenetrable sangat cocok menjadi tempat habitat dari gorila pegunungan.

4 dari 4 halaman

Skotlandia, Alaska Tenggara

9. Skotlandia

foto: wikipedia

Kepulauan Shetland di Skotlandia menjadi tempat tinggal bagi kawanan burung puffin, burung unik ini dapat berenang dan menyelam di laut untuk mencari makan. Biasanya mereka tinggal di tebing-tebing pinggir laut.

10. Alaska Tenggara

foto: pinterest

Di penghujung musim panas, jutaan salmon akan kembali ke tempat mereka lahir dengan melawan arus. Dan ini adalah waktu yang tempat untuk ratusan beruang yang akan memangsa ikan salmon untuk makanannya.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.