Sukses

8 Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur

Kesulitan tidur? Mungkin 8 cara sederhana berikut ini dapat membantu Anda.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda kurang tidur atau mengalami susah tidur? Jika iya, ini bisa menjadi masalah besar.

 

Kurang tidur bisa menjadi masalah besar karena akan mempengaruhi kinerja dan aktifitas kita yang lainnya. Penyebabnya bisa beragam mulai dari stres, kebiasaan sebelum tidur dan berbagai faktor lainnya. Dilansir dari Boldsky, Minggu (25/09/2016), ada beberapa tips untuk Anda yang kurang atau kesulitan tidur untuk mendapat tidur malam hari yang berkualitas.

1. Mandi air panas
Mandi air panas dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan terasa nyaman. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender saat berendam, tubuh akan terasa lebih baik lagi dan tidur pun bisa menjadi nyenyak.

2. Mematikan peralatan elektronik
Jika ingin tidur nyenyak, matikan peralatan peralatan elektronik seperti televisi dan ponsel. Cahaya yang dihasilkan dari barang elektronik masuk kel retina dan membuat bingung kerja otak untuk membedakan siang hari atau malam hari, sehingga mendistorsi waktu tidur Anda.

3. Mengatur alarm
Pasang alarm jika sudah waktunya untuk tidur. Ini sangat membantu untuk mengatur kembali jadwal tidur syaratnya harus konsisten, jika waktu tidur sudah kembali normal, kamu tidak perlu lagi melakukan hal ini.

4. Hindari kopi
Hindari minum kopi atau minuman apapun yang mengandung kafein di dalamnya. Jika ingin minum sesuatu yang hangat sebelum tidur, lebih baik minum air putih hangat atau susu hangat.

5. Memakai kaus kaki
Kaos kaki membantu untuk menjaga kaki hangat di malam hari. Sehingga tidur terasa lebih nyenyak dan lelap.

6. Hindari makan malam yang berat
Jangan makan malam yang berat di malam hari seperti nasi, roti, mie instan dan sebagainya, karena itu dapat mempengaruhi pola tidur, selain itu makan malam berat juga tidak baik untuk kesehatan.

7. Coba teknik pernapasan

Mungkin waktu kecil kita diajarkan untuk menghitung domba jika sulit tidur, namun kadang cara ini tidak ampuh untuk beberapa orang. Mungkin teknik pernafasan ini bisa dicoba. Ada teknik pernafasan yang disebut 4-7-8 teknik yang membantu untuk tidur lebih cepat. Yang harus dilakukan adalah untuk pertama bernapas dalam melalui hidung selama 4 detik, kemudian tahan napas selama 7 detik, dan kemudian meniup udara keluar dari mulut Anda selama 8 detik. Kamu akan segera jatuh tertidur dalam waktu kurang dari 15 detik, setelah mengulangi metode ini tiga kali.

8. Konsumsi teh chamomile
Cobalah menghirup teh chamomile saat merasa sulit untuk tidur. Teh ini sangat bermanfaat, karena dapat melemaskan saraf dan bertindak sebagai obat penenang ringan.

(Widya Rahmi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini