Sukses

Tak Sengaja Ketinggalan Smartphone di Rumah? Ini Manfaatnya

5 Alasan Terbaik Meninggalkan Smartphone Anda di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Smartphone mampu memberikan segala kemudahan kepada pemiliknya. Informasi mengenai cuaca, email, jadwal rapat dan alarm membuat kita sangat tergantung kepada smartphone.

Perkembangan teknologi ini membuat kita menjadi tergantung, dan selalu memegang perangkat elektronik yang satu ini dalam segala kesempatan. Namun, tanpa disadari kita dapat melepaskan smartphone untuk menemukan kebebasan yang lebih besar.

Jangan salah paham, saat ini semua orang memang membutuhkan smartphone, bahkan sebagian orang akan merasa hidupnya akan berantakan bila tidak menggenggam smartphone dalam seharian. Namun, dilansir dari Lifehack Jumat (23/9/2016) ada 5 hal sederhana yang dapat Anda rasakan, saat meninggalkan smartphone di rumah tanpa sengaja. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

1. Berkurangnya Gangguan

Tidak adanya dering telepon, dan pemberitahuan notifikasi akan membuat kita lebih berkonsentrasi terhadap aktivitas yang sedang kita lakukan. Mengabaikan sosial media untuk beberapa saat akan memberikan kesempatan untuk menikmati hidup Anda sendiri.

Menjaga keseimbangan kerja dan hidup kita mungkin agak sulit saat ini. Kita cenderung memiliki waktu yang sedikit untuk melupakan sejenak pekerjaan di kantor dan meletakkan ponsel Anda sehingga kehidupan kerja Anda menjadi lebih seimbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tenang dan Damai

2. Tenang dan Damai

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi dengan tidak mendengarkan seseorang berbicara lewat telepon dapat membuat Anda lebih segar. Ketenangan dapat Anda dapatkan dengan mendengarkan suara alam seperti kicau burung, dan suara daun yang tertiup angin.

Anda juga bisa membaca buku, merasakan lagi halaman demi halaman menyelinap melalui jari-jari. Begitu juga saat mendengarkan deru ombak yang pecah terkena karang. Anda bisa merasakan kesegaran yang nyata.

3. Terhubung dengan Orang-orang

Hal ini mungkin terdengar terlalu mengada-ada tetapi keberadaan SMS, instant messanger, dan aplikasi lainnya mampu mengurangi interaksi. Hal ini juga menyebabkan percakapan serta interaksi antar manusia menjadi sangat impersonal.

Sebelum adanya smartphone, seseorang akan berusaha mengingat paling tidak 3 nomor penting. Bahkan banyak orang yang melewatkan malamnya dengan terpaku pada email pekerjaan. Sedikit yang bisa menikmati acara olahraga, konser anak-anak dan nonton bareng. 

3 dari 3 halaman

. Meningkatkan kepekaan Indra

4. Meningkatkan kepekaan Indra

Banyak orang mengabadikan foto makanan ketika makan di restoran dan mengunggahnya di sosial media. Apakah Anda bisa menikmati kerenyahan dari salad, tekstur bayam dan telur rebus saat di mulut Anda, berputar-putar dengan saus yang memiliki jumlah yang tepat dari rempah-rempah dan rasa pedas?

Apakah Anda bisa mendengar tawa bayi, menikmati khidmatnya acara pernikahan, atau merasakan kenyamanan saat menyentuh tangan pasangan Anda yang tidak dapat dijelaskan jika Anda tidak hadir pada saat itu.

5. Tetap Menjaga Privasi

Tidak ada orang yang sungguh-sungguh ingin mengetahui keberadaan Anda, sehingga Anda tidak perlu “Check in” setiap saat. Terkadang ini sangat menyenangkan dengan menunjukkan keberadaan kita kepada orang lain, tetapi yang perlu diingat bahwa kita tidak mampu mengetahui semuanya setiap saat.

Tidak masalah kita melakukan “tags” ke keluarga dan teman-teman Anda setiap saat, tapi tidak semua orang ingin tahu dan mendengarkan Anda setiap saat. Kita semua mempunyai kehidupan sehingga tetap perlu menjaga privasi kita.

Ketika kita berjumpa dengan teman dan pergi ke cafe setiap minggu, tanpa mengunggah keberadaan kita ini akan lebih spesial dan bermakna.

Teknologi akan selalu berkembang dan indera kita akan kelebihan beban. Jangan sampai teknologi dan smartphone yang mengatur kita, tetapi kitalah yang seharusnya mengatur teknologi dan menikmati setiap kebersamaan dengan orang-orang terbaik di sekitar Anda.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.