Sukses

5 Hal yang Membuat LDR Terasa Lebih Mudah

Sedang menjalani LDR? Lima hal ini akan membuat hubungan Anda terasa lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta Menjalin hubungan cinta dengan seseorang yang berada di kota yang sama belum tentu mudah, apalagi saat pasangan berada ribuan kilometer jauhnya dari Anda. LDR atau long distance relationship memang bukan pilihan banyak orang, namun terkadang harus dijalani.

Wajar saja jika Anda merasa menjalani LDR begitu berat, dan Anda bukan satu-satunya yang merasa demikian. Dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Senin (26/9/2016), ada 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat hubungan jarak jauh terasa lebih mudah.

1. Kejelasan status

Hubungan jarak jauh tak pernah mudah, terlebih di musim dingin saat semua orang berpelukan dengan pasangannya masing-masing. Jadi sebelum Anda menghabiskan malam-malam sendirian atau menghabiskan banyak uang untuk mengunjungi kekasih, pastikan bahwa Anda dan pasangan berada dalam 'halaman' yang sama dalam hal komitmen. 

"Membuat hubungan jelas akan mengurangi kegelisahan yang disebabkan oleh jarak," jelas Dr Jonathan Alpert, seorang psikoterapis dan kolumnis nasihat percintaan.

2. Persiapkan pulsa untuk berkomunikasi

Ponsel Anda menjadi sahabat terbaik saat menjalani LDR, jadi Anda harus mempersiapkan paket komunikasi yang paling murah. Gunakan bonus menit yang Anda miliki untuk kencan lewat telepon secara reguler. Pastikan juga bahwa Anda dan pasangan tidak terganggu oleh kegiatan lain saat sedang menjalani kencan lewat telpon tersebut. "Komunikasi lewat telepon harus dijadwalkan agar Anda bersemangat dan menantikan waktu spesial tersebut," Dr Craig Malkin, seorang psikolog, mengatakan. Rutinitas ini akan membuat Anda dan pasangan seakan hadir dalam kehidupan sehari-hari meskipun terpisah secara fisik.

3. Memanfaatkan peralatan surat menyurat

Sejarah mencatat banyak pasangan hebat di masa lalu yang dapat ebrtahan hanya dengan selembar kertas dan alat tulis. Anda dapat menjadikan mereka inspirasi dengan mengirimkan surat sekali dalam seminggu, jika memungkinkan, untuk mengisi kekosongan yang tidak dapat tergantikan oleh alat elektronik. "Kata-kata di layar ponsel terasa kurang personal dibandingkan tulisan tangan di kertas yang Anda tahu pernah berada dalam genggaman pasangan Anda sebelumnya," jelas Caroline Tiger, penulis buku bertajuk The Long-Distance Relationship Guide. Saatnya mengganti huruf-huruf di layar Blackberry Anda dengan selembar surat untuk membangun koneksi yang lebih dalam dengan pasangan.

4. Persiapkan lingeria istimewa

Saat Anda berjauhan dari pasangan, secara otomatis Anda akan hibernasi dari hubungan seksual secara sementara. Tak ada salahnya membeli sepasang lingeria istimewa yang dapat Anda gunakan saat tiba saatnya Anda bertemu dengan pasangan. Yang lebih penting, Anda akan memikirkan hubungan Anda dan pasangan secara fisik dan membuat pertemuan Anda dengan pasangan lebih bergairah.

5. Menikmati kebebasan

Tentu saja Anda akan lebih memilih berada di kota yang sama dengan pasangan, namun hal tersebut adalah sebuah pilihan. Anda bisa menikmati hidup seakan-akan sebagai seorang lajang. "Banyak orang yang kehilangan individualitasnya saat menjalani sebuah hubungan, dan LDR memungkinkan Anda menjalani hal-hal yang Anda sukai secara pribadi," jelas Dr Alpert. Manfaat waktu untuk mengikuti kelas bahasa, atau menonton semua film yang Anda sukai, atau sesederhana menghargai me-time yang belum tentu Anda miliki saat bersama pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.