Sukses

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Anda Cepat Tua

Liputan6.com, Jakarta Apakah penampilan Anda terlihat lebih tua dari usia Anda sesungguhnya? Faktanya, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi penampilan Anda dan mempercepat tanda penuaan.

Dilansir dari Brightside.me pada Sabtu (24/9/2016), ada 10 kebiasaan yang ternyata dapat mempercepat proses penuaan pada wanita. Jika Anda ingin mencegah proses penuaan terjadi terlalu cepat tanpa botox atau operasi, saatnya mengubah 10 kebiasaan sehari-hari berikut ini.

1. Diet rendah lemak

Untuk mencegah kerutan, sangat penting bagi wanita mengonsumsi asam lemak Omega-3 yang dapat membantu mempertahankan elastisitas dan kemulusan kulit wajah. Diet rendah lemak tidak mengandung komponen tersebut dan dapat menyebabkan proses penuaan lebih cepat terjadi.

2. Penggunaan sedotan

Saat menggunakan sedotan, Anda harus mengerutkan bibir Anda yang menyebabkan garis-garis halus dan kerutan di sekitar bibir. Hal yang sama berlaku jika Anda merokok. Cobalah untuk minum langsung dari gelas, dan berhenti merokok. Mungkin prosesnya lama dan tak mudah namun manfaatnya akan segera Anda rasakan.

3. Tidur menyamping

Tidur menyamping dengan wajah tertekan pada bantal akan menyebabkan kerutan pada bagian pipi dan dagu. Para ahli menyatakan bahwa tidur secara telentang adalah posisi terbaik untuk tidur jika Anda ingin tetap terlihat muda, segar, dan cukup istirahat.

4. Postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang buruk akan membuat tulang punggung Anda tergeser dari posisi yang normal, dan menyebabkan otot dan tulang menjadi lebih tegang dari yang seharusnya. Hal ini akan menilmbulkan rasa sakit dan kelelahan, bahkan kelainan pada tulang secara permanen.

5. Memakai tabir surya hanya saat liburan

Paparan sinar UV adalah salah satu sebab utama proses penuaan yang terlalu cepat. Untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari, penggunaan tabir surya sangat penting bahkan saat cuaca berawan, karena awan hanya dapat mengurangi 20% paparan sinar UV.

6. Terlalu sering memakai pemanas ruangan

Penggunaan pemanas ruangan akan membuat kulit Anda sangat kering, dan  menimbulkan kerutan yang tak diinginkan.

7. Menghindari gula

Anda mungkin tahu bahwa gula tidak baik untuk kesehatan, namun begitu pula dengan stres. Kadang Anda harus menghadiahi diri sendiri dengan mengonsumsi makanan manis kesukaan jika hal tersebut dapat membuat Anda lebih bahagia. 

8. Terlalu sering menonton televisi

Sebuah penelitian menemukan bahwa menonton televisi selama satu jam akan mengurangi 22 menit dari masa hidup Anda. Para ahli merekomendasikan Anda untuk berdiri dari sofa atau meja Anda setiap 30 menit.

9. Kurang tidur

Orang dewasa membutuhkan paling tidak 7 jam istirahat setiap malam. Kurang tidur tak hanya membuat Anda terlihat lelah, namun juga akan mengurangi masa hidup Anda. Para ahli menyarankan Anda untuk tidur lebih cepat jika Anda merasa kekurangan energi, lambat dalam berpikir, atau mengalami kenaikan berat badan.

10. Stres karena gaya hidup yang tidak teratur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan proses penuaan lebih cepat terjadi. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas sesuai dengan waktu yang seharusnya untuk menghindari stres berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.