Sukses

7 Cara Merawat Handuk Tetap Putih dan Halus

Punya handuk putih? Simak cara merawatnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Handuk putih kumal yang tergantung di rak dapat membuat tampilan kamar mandi jadi berantakan. Karena pemakaian setiap hari, sangat susah untuk menjaga bentuk handuk tetap halus dan segar.

Namun, seperti dilansir dari Popsugar.com, Kamis (22/9/2016), berikut beberapa tips untuk menjaga handuk putih tetap halus dan bersinar.

1. Waktu yang tepat untuk mencuci

Anda pasti memahami benar cara menjaga kebersihan tubuh. Namun tahukah Anda bahwa handuk mandi juga harus dicuci 3-4 hari sekali? Idealnya, simpan handuk cadangan agar Anda tetap menjaga kebersihan tubuh.

2. Cuci pada suhu air dingin

Metode tradisional menyarankan untuk mencuci pakaian dengan air hangat. Namun untuk handuk mandi, sebaiknya gunakan air dingin. Temperatur rendah dapat mencegah penyusutan, menjaga warna (terutama warna netral), dan ampuh bekerja menghilangkan noda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelembut dan Pengering

3. Jangan gunakan pelembut

Untuk menjaga handuk mandi tetap terasa empuk, jangan gunakan pelembut pakaian yang dapat merusak serat kain. Lebih baik, letakkan bola tenis ke dalam mesin pengering untuk mengaduk dan membuat handuk tetap mengembang. 

4. Jangan menjemur/mengeringkan terlalu lama

Beberapa handuk dirancang dengan daya serap yang kuat. Artinya, handuk mandi ini juga mampu mengering cepat. Karena itu, perhatikan durasi mesin pengering atau lama menjemur.

3 dari 3 halaman

Detergen dan Pemutih

5. Gunakan detergen lebih sedikit

Terlalu banyak menggunakan detergen justru dapat membuat handuk mandi tidak tercuci bersih. Sebaiknya, ukur jumlah detergen sesuai petunjuk takaran.

6. Pilih formula detergen yang cocok

Kedua formula dapat bekerja maksimal. Detergen bubuk dapat beraksi maksimal di air hangat. Sedangkan detergen cair dapat membasmi noda-noda, jika langsung diaplikasikan ke titik noda.

7. Gunakan alternatif pemutih

Produk pemutih dapat merusak tekstur kain. Agar handuk mandi tetap terlihat cerah, lebih baik gunakan soda kue dan cuka untuk menjaga warna putih. Tambahkan 1/2 gelas soda kue ke detergen mesin cuci. Lalu, masukkan 1/2 gelas cuka ke dalam putaran cucian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini