Sukses

Jangan Meminta Irisan Lemon untuk Minuman Anda, Ini Alasannya

Kebiasaan menambahkan irisan lemon pada minuman Anda ternyata tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Musim panas seakan mengundang Anda untuk menambahkan irisan lemon pada setiap minuman Anda. Bir, minuman ringan, mojito, tak lengkap tanpa lemon.

Irisan lemon memang menambah kesegaran pada minuman, namun hal ini sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan, karena buah tersebut ternyata sangat kotor.

Dilansir dari Uk.style.yahoo.com pada Kamis (22/9/2016), sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Health, para peneliti menyeka potongan lemon yang ditambahkan dalam minuman di 21 restoran berbeda. Mereka enemukan bahwa 70% dari sampel tersebut memproduksi pertumbuhan mikrobakteri, bahkan mencapai 25 mikroba yang berbeda.

Mikroba yang ditemukan pada sampel lemon dalam penelitian memiliki potensi untuk menyebabkan penyakit menular di berbagai bagian tubuh, meskipun kemungkinan itu belum bisa ditentukan dalam penelitian ini.

Para pelanggan di restoran harus menyadari bahwa irisan lemon yang ditambahkan dalam minuman dapat mengandung pathogenic microbes yang dapat menyebabkan infeksi. Phillip Tierno, PhD, profesor klinis mikrobiologi dan patologi di New York University School of Medicine dan penulis buku The Secret Life of Germs mengatakan, "Seseorang menyentuh lemon yang ada di gelas Anda, memegang, memotong, meletakkan dalam sebuah wadah, kemudian mengambilnya kembali untuk dimasukkan dalam minuman. Anda dapat melihat betapa mudahnya irisan lemon tersebut terkontaminasi oleh bakteri."

Apakah pengetahuan baru ini akan membuat Anda berhenti meminta irisan lemon pada minuman Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.