Sukses

5 Keindahan Garut yang Tak Akan Pernah Pudar

Garut masih menjadi destinasi wisata favorit dengan keindahan alam, kenikmatan kuliner, dan kekayaan budaya.

Liputan6.com, Jakarta Garut masih menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak traveler yang ingin merasakan panorama keindahan alam, kenikmatan kuliner, dan kekayaan budayanya. Data pemerintah Kabupaten Garut tahun 2014 menunjukkan, kawasan ini dikunjungi lebih dari 2 juta wisatawan nusantara dan lebih dari 2 ribu wisatawan mancanegara.

Bagi provinsi Jawa Barat, Garut menjadi kabupaten unggulan yang memiliki segudang destinasi wisata. Seperti disusun Liputan6.com, Rabu (21/9/2016), berikut kekayaan dan keindahan Garut yang membuat kawasan ini kerap dikunjungi banyak wisatawan.

Puncak Darajat
Berlokasi sekitar 25 kilometer dari pusat kota Garut atau dapat ditempuh hanya dalam waktu satu jam perjalanan darat, Puncak Darajat menawarkan panorama pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan hijau perkebunan warga, suasana hening, dan udara yang dingin membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Destinasi ini menawarkan banyak aktivitas wisata menarik, mulai dari berendam air hangat hingga menyaksikan keindahan Gunung Papandayan dan Cikuray dari ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pantai Santolo

Berlokasi di Kecamatan Pamengpeuk, pantai dengan air sebening kristal ini banyak dikunjungi wisatawan yang tak hanya dari Garut, tapi juga dari luar daerah. Ketenaran Pantai Santolo bukan hanya karena keindahannya, lebih dari itu, pantai ini juga menyimpan latar belakang kisah yang menarik. Dahulu pantai ini digunakan penjajah Belanda untuk bongkar muat barang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sederet bangunan peninggalan Belanda yang ada di sekitar lokasi pantai.

3 dari 5 halaman

Gunung Papandayan

Dengan ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut, gunung yang menjadi ikon Garut ini menjadi pilihan banyak pendaki pemula yang ingin merasakan nikmatnya mendaki gunung. Hamparan bebatuan kapur, bau belerang yang tak pernah hilang, eksotika hutan mati, dan gemerlap bintang di malam hari menjadi pemandangan yang dinantikan banyak wisatawan.

4 dari 5 halaman

Batik Garut

Tak hanya menyadikan keindahan alam yang memukau, Garut juga memiliki peninggalan budaya yang adiluhung, salah satunya adalah batik. Batik Garut memiliki puluhan motif dengan warna yang khas. Didominasi oleh warna biru dan merah bata, Batik Garut memiliki berbagai motif unggulan, seperti lereng calung dan cupat manggu. Tak hanya itu, keunikan Batik Garut juga bisa dilihat dari teknik pembuatannya yang dilakukan pada kedua sisinya.

5 dari 5 halaman

Dodol Garut

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner lezat yang satu ini? Dodol Garut telah lama menjadi duta kuliner bagi kawasan dengan julukan Swiss van Java ini. Kuliner ini kekrap menjadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Garut. Dibuat dengan tiga bahan dasar, yaitu tepung ketan, gula merah, dan kelapa, kini dodol Garut berinovasi menyesuaikan perkembangan zaman. Saat ini Dodol Garut memiliki banyak varian rasa menarik, yang membuat Anda tak pernah bosan menikmatinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini