Sukses

Keramik Karya Picasso Akan Segera Dilelang. Penasaran?

Keramik karya Picasso yang dimiliki oleh pihak perseorangan akan dijual dalam sebuah lelang, pada 22 November 2016 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata koleksi terbaik dari keramik karya Pablo Picasso sekarang dimiliki oleh kolektor, bukan pemerintah atau museum. Keramik tersebut diperoleh aktor senior dan sutradara Sir Richard Attenborough, saat liburan tahunan selama lebih dari lima dekade. Kini keramik-keramik tersebut akan dijual pada sebuah lelang.

Keramik-kemarin ini dibeli pada liburan keluarga saat ke daerah Prancis Selatan. Perjalanan tersebut selalu dikenang oleh anak dari Attenborough yang menjadi sutradara teater, Michael Attenborough.

foto: Sotheby

"Orang tua saya memiliki kebiasaan saat liburan, mereka mencintai apapun yang mereka ketahui. Mereka pergi ke hotel yang sama, kamar tidur yang sama, kasur yang sama", ujar Michael Attenborough.

Beberapa mil dari hotel mereka di Cap d'Antibes, terdapat studio tembikar Madoura di Vallarius, dan pada tahun 1954 Attenborough mengetahui di tempat ini terdapat keramik karya Picasso. Ia pun membeli beberapa edisi setiap tahun sebagai hadiah ulang tahun.

foto: Sotheby

Attenborough mengagumi karya seni keramik dan menganggapnya sebagai karya yang Jenius. Ketika ia kebetulan bertemu Picasso di Madoura pada tahun 1963 ia nyaris tak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

foto: Sotheby

67 karya yang akan dijual oleh Sotheby diperkirakan jika ditotal mencapai £1,5 juta. Salah satu vas besar dengan gambar seorang wanita tanpa busana, dengan pinggul yang mengikuti bentuk vas diperkirakan akan terjual sebesar £250.000-350.000.

Delapan piring gerabah dengan gambar adu banteng memiliki harga sekitar £30.000, sampai £50.000. Sementara vas berbentuk burung hantu memiliki harga sekitar £10.000, sampai £15.000.

foto: Sotheby

Attenborough meninggal pada 2014, Ia meminjamkan sekitar 100 koleksi keramik karya Picasso ke Leicester New Walk Museum dan Galeri Seni, untuk mengenang putrinya Jane dan cucunya Lucy, yang meninggal pada tsunami di Thailand pada tahun 2004.

Selain keramik, Attenborough juga merupakan seorang kolektor seni yang memiki karya-karya dari Graham Sutherland, Christopher Wood, Barbara Hepworth, dan Ben Nicholson. Kebanyakan dari koleksi ini dijual oleh Sotheby pada tahun 2009.

foto: Sotheby

Anak dari Attenborough mengatakan, ayahnya selalu mengharapkan keramik-keramik itu dapat dijual untuk membantu kehidupan anak, cucu, dan cicitnya kelak. Lelang keramik karya Picasso yang akan diadakan pada 22 November 2016 mendatang ini, akan menjadi acara dan momen yang menyedihkan bagi anak dari Attenborough.

"Saya tidak akan berada di dalam ruangan pelelangan, saya tidak kuat. Karya-karya ini begitu indah dan menyenangkan, mereka akan menerangi kehidupan dari orang-orang uang memutuskan untuk membelinya."

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini