Sukses

Ketahui di Sini, Tanda-Tanda Orang Berbohong

Ingin mengetahui tanda-tanda orang berbohong? Baca di sini.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian dari Northwestern University menemukan, 20 menit berlatih berbohong dapat membuat seseorang mengatakan fakta palsu menjadi sangat mudah, layaknya berkata jujur.

Seperti dilansir dari Womenshealth.com, Senin (19/9/2016), sebuah studi yang dilakukan kepada 32 orang, menyuruh peserta mengingat 3 identitas palsu yaitu nama baru, tanggal lahir, dan kota kelahiran. Lalu hasilnya, orang yang dilatih untuk berbohong dapat mengatakan fakta yang tidak benar dengan lancar hanya dengan berlatih 20 menit.

Kenapa harus berlatih untuk berbohong? Karena hal ini membutuhkan latihan mental. Ketika bohong, Anda harus memegang 2 fakta yang berseberangan, dan menyembunyikan mana yang benar. Namun, 20 menit merupakan waktu yang cukup untuk mengingat kebohongan, dan mengatakan seakan itu benar adanya. 

Agar Anda tidak tertipu dengan kata-kata bohong, simak beberapa tanda jika seseorang merespon seperti beberapa poin berikut.

Lama memberi jawaban

Jika seseorang membutuhkan waktu lama untuk menjawab pertanyaan sederhana, Anda harus curiga. Sebuah penelitian membandingkan dua tipe pertanyaan, satu yang akan dijawab jujur, dan satu yang mungkin diberi jawaban bohong. Jika jawaban yang kedua membutuhkan waktu lebih lama, bisa saja jawaban tersebut bohong. Misalnya, jika Anda bertanya tanggal lahir seseorang dan warna favoritnya, jawaban tersebut kurang lebih memakan waktu yang sama.

Pupil mata membesar

Perubahan pupil menjadi lebih besar adalah indikator seseorang berkata bohong. Membesarnya pupil mata adalah tanda bahwa otak bekerja lebih keras, yang biasa terjadi ketika Anda berbohong. Jika Anda melihat pupil seseorang membesar saat menjawab pertanyaan, bisa pertanda bahwa mereka sedang mengada-ada. 

Apa yang dikatakan tidak masuk akal

Kecurigaan seseorang akan meningkat ketika apa yang diceritakan kepadanya susah digambarkan. Misalnya, seorang teman Anda biasa bercerita sesuatu dengan dengan detail tentang apa yang dia lihat dan ia dengar. Namun, ia tidak bisa menyebutkan nama bar tempat ia bertemu Brad Pitt, bisa jadi ia berbohong. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.