Sukses

Pentingnya Peran Ibu Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

NIVEA ungkap pentingnya peran ibu bagi anak berkebutuhan khusus.

Liputan6.com, Jakarta Ibu adalah sosok yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Menyayangi dan mendukung tanpa syarat, dalam kondisi apapun sangat berkaitan dengan kemampuan seorang anak dalam menghadapi rintangan dan mengembangkan potensi.

Hal inilah yang kemudian menjadi inspirasi bagi NIVEA, sebagai label perawatan kulit nomor satu di dunia, untuk membuat kampanye #SentuhanIbu beberapa waktu lalu. #SentuhanIbu adalah bentuk kepedulian NIVEA terhadap para ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Melalui media digital seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, kampanye #SentuhanIbu telah mendapat ribuan dukungan dari netizen. Setiap dukungan akan dijadikan donasi sebesar Rp 1.000.

Tidak hanya bekerja melalui platform digital, NIVEA juga bekerjasama dengan Kemuning Kembar untuk melakukan program konsultasi dan pendampingan para ibu dengan anak berkebutuhan khusus di SLB A Bandung. Salah satu materi yang disampaikan adalah ADL (Activity Daily Living), pelatihan bagi para ibu untuk mendampingi dan mengajarkan anak menjadi pribadi mandiri, terutama melakukan kebutuhan dasar sehari-hari.

Sabtu (17/9/2016), tim Liputan6.com berkesempatan mengikuti ADL di SLB A Bandung. Materi yang diberikan adalah bagaimana mengenali dan memakai pakaian berkancing, serta sepatu bertali. Tidak sama dengan anak biasa lainnya, anak berkebutuhan khusus harus dikenalkan dan diajarkan dengan cara yang berbeda, mulai dari mana pakaian bagian dalam atau luar, bagaimana mengancingkan, bagaimana mengenali sepatunya sendiri di antara sepatu lainnya.

Dalam pelatihan ini, mata para ibu ditutup menggunakan masker mata, dikondisikan agar merasakan apa yang anak rasakan, lalu diminta memakai, mengancingkan pakaian, dan mencari sepatu mereka.

"Selama ini orang-orang hanya berfokus pada anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka lupa bahwa ibu dari anak-anak ini juga memiliki peran yang penting. Mereka berjuang lebih keras dan memiliki hati yang lebih kuat. Tidak ada yang dapat menggantikan sentuhan seorang ibu untuk anaknya," papar Aidar Mumtazia, HR Director PT Beiersdorf Indonesia.

Aidar juga percaya bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kesempatan setara untuk mencapai potensi terbaik mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini