Sukses

Siap-Siap, Tour de Linggarjati Digelar 28 Oktober 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya baru saja meluncurkan secara resmi gelaran lomba balap sepeda internasional Tour de Linggarjati.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Kuningan H Acep Purnama, baru saja meluncurkan secara resmi gelaran lomba balap sepeda internasional Tour de Linggarjati, di Balairung Soesilo Seodarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Digelar untuk keduakalinya, even wisata olahraga yang diselenggarakan pada 28-30 Oktober 2016 ini merupakan upaya promosi potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kuningan. Selain sebagai promosi wisata, digelarnya even ini juga dimaksudkan sebagai cara untuk memacu pembangunan infrastruktur daerah, membuka akses untuk investasi, dan mendukung pencapaian target 12 juta kunjungan wisman dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara.

Menteri Arief Yahya mengatakan, “Penyelenggaraan even sport tourism seperti ini efektif untuk berpromosi sekaligus dapat mendatangkan wisman dan direct economi. Dari penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendatangkan 250 wisman dari Malaysia (ASEAN) sebagai peserta dan akan terjadi direct economic sebesar Rp 4,2 miliar.”

Sejalan dengan pemikiran Menteri Arief, Bupati Kuningan H Acep Purnama juga mengungkapkan, penyelenggaraan even ini dapat mendorong percepatan pembangunan kepariwisataan. Apalagi tahun ini Kabupaten Kuningan memiliki target 3 juta kunjungan wisnus dan 200 wisman.

Sementara itu, Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat mengatakan, “Tujuan penyelenggaraan TdL 2016 selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, juga sebagai upaya ‘revolusi mental’ pembinaan generasi muda melalui cabang olah raga balap sepeda sekaligus untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-518 dan peristiwa sejarah Perundingan Linggarjati ke-70.”

Pelaksanaan TdL 2016 sendiri akan mengambil start di Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Para atlet balap sepeda ini akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan gelar juara.

Dengan total hadiah Rp 500 juta, para peserta akan diadu cepat mengayuh sepeda sepanjang 245 km melewati 20 kecamatan dan 200 desa, termasuk berbagai destinasi wisata unggulan di Kuningan. Terdapat tiga kelas yang dilombakan, yaitu individual time trial (itt), road race/ circuit race, dan criterium untuk kategori elite (senior), junior, dan youth (pemula).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini