Sukses

Libur Panjang Akhir Pekan, Ini Tips Tetap Sehat Saat Berwisata

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang liburan tiap orang cenderung tidak mempersiapkan makanan atau minuman yang sehat. Apapun makanan dan minuman yang tersedia menjadi satu-satunya pilihan yang tidak bisa ditolak.

Saat liburan, meski kebanyakan orang merasa tidak dapat memasak sendiri dan tidak sempat berolahraga, namun bukan berarti Anda melupakan hidup sehat yang selama ini dijalani. Dilansir dari aol.com, (9/9/2016), berikut tips agar tetap sehat saat liburan tanpa harus mengganggu aktivitas wisata Anda.

1. Bawa Botol Air Minum
Jika ingin hidup sehat dalam berlibur, maka air mineral adalah suatu minuman yang harus selalu ada di sisi Anda. Dalam berlibur Anda akan melewati perjalanan jauh di dalam kendaraan, atau berjalan kaki selama berjam-jam.

Air dapat menjaga Anda untuk tetap berenergi dalam liburan, selain juga dapat membersihkan racun yang ada di tubuh untuk mengoptimalkan fungsi sel-sel dan organ tubuh. Jadi jangan lupa untuk minum air putih pada saat Anda berlibur.

2. Jadikan Buah sebagai Cemilan
Buah adalah hal yang wajib Anda bawa apabila anda ingin tetap sehat pada saat berlibur, jadikan buah sebagai cemilan Anda dalam perjalanan. Buah memberikan jumlah vitamin yang besar, nutrisi, dan serat.

Selain itu, buah yang banyak mengandung air dapat menjaga anda dari dehidrasi. Buah juga mengandung gula yang dapat memberi Anda energi langsung yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk menjalani liburan sebelum waktu makan tiba. Anda tidak bisa melewatkan buah jika ingin tetap hidup sehat dalam berlibur.

3. Bawa Makanan yang Mengandung Protein
Selain membawa buah, Anda juga dapat membawa makanan kemasan yang mengandung protein agar tetap hidup sehat pada saat liburan

Cobalah membawa kacang, kuaci, almond, keju, atau susu untuk tetap menjaga protein yg dibutuhkan tubuh Anda.

4. Bawa Alas Kaki
Pada saat liburan Anda pasti akan berjalan kaki jauh dan dalam waktu yang cukup lama dan itu akan memaksa kinerja kaki Anda untuk bekerja lebih keras daripada biasanya. Berjalan kaki akan menjaga Anda tetap bugar walaupun tak berolah raga. Maka dari itu Anda membutuhkan alas kaki yang nyaman agar kaki tidak terluka dan dapat melanjutkan liburan keesokan harinya.

5. Jangan Takut Mencoba Makanan Baru
Liburan adalah saat bagi Anda untuk mencoba berbagai makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya. Jangan karena Anda hidup sehat lalu tidak mau mengonsumsi makanan yang tidak pernah Anda kenal sebelumnya. Jika Anda tidak makan teratur itu malah akan membahayakan kesehatan. Namun demikian, Anda juga harus memperhatikan apa yang Anda makan dan hindari makan secara berlebihan. (Achmad Rully)

Artikel Selanjutnya
Coba Lebih Sadar, 7 Kebiasaan Ini yang Bikin Karyawan Gendut
Artikel Selanjutnya
6 Trik Kembali Jalani Hidup Sehat Usai Liburan