Sukses

Ini 6 Tanda Penuaan Dini yang Buruk Menurut Para Ahli

Jika Anda mengalami 6 tanda penuaan dini berikut ini, segera konsultasikan ke dokter ahli.

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda penuaan dini terdiri dari banyak jenis, jika hal tersebut berhubungan dengan kulit maka kebanyakan tanda penuaan akan terlihat di bagian dahi dan mata.

Dilansir dari allure.com, Sabtu (10/9/2016) para ahli menjabarkan beberapa tanda penuaan dini pada kulit tubuh yang dinilai buruk.

1. Bintik hitam akibat paparan sinar matahari di usia 20 atau 30-an

Bintik-bintik hitam yang timbul di permukaan kulit wajah, akibat terpapar sinar matahari di akhir usia 20 atau awal 30-an harus menjadi peringatan pertama bagi Anda.

Jika Anda telah menemukan tanda yang satu ini, minimalisir kerusakan selanjutnya atau perlambat proses penuaan kulit dengan rajin memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih setiap hari. Pastikan juga asupan Vitamin C untuk meminimalisir kerusakan kulit akibat radikal bebas 

Sedangkan di malam hari, gunakan produk yang mengandung retinol topikal untuk merangsang produksi kolagen baru. Hal ini juga dapat menjaga kulit tetap kuat dan lentur.

2. Tangan yang kurus

Kehilangan jaringan pada tulang dapat membuat tangan dan wajah Anda menjadi tirus, ditambah dengan kantong di bawah mata yang semakin membesar.

Proses ini sangat bertahap, sehingga kebanyakan orang tidak menyadarinya, kecuali Anda memotret wajah secara berkala.

Anda dapat memperkuat kulit dengan asam hyaluronic untuk membuat kulit tampak gemuk dan diremajakan. Asam hyaluronic dapat disuntikan atau dalam kandungan produk bertekstur krim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kulit beda warna dan mudah teriritasi

3. Kulit di leher berbeda warna dan mudah iritasi

Warna yang tidak rata di bagian leher dan daerah V, serta mudahnya kulit teriritasi adalah tanda-tanda penuaan. Perlu diketahui kulit yang sehat memiliki penghalang yang kuat untuk peradangan kronis.
Gunakan tabir surya di siang hari dan pereda iritasi kulit di malam hari.

4. Kerutan di sepanjang pipi dan rahang
Jika Anda mendapati garis-garis halus dan kerutan muncul di tengah-tengah pipi dan rahang saat usia 20 atau 30an, ini adalah tanda-tanda penuaan yang buruk. Untuk meminimalisir hal ini, perbanyak kolagen baru.

3 dari 3 halaman

Kulit terasa lebih kasar

5. Kulit Anda lebih kasar dari biasanya
Tanda-tanda penuaan lainnya adalah hilangnya kelembapan kulit, karena membran sel menjadi lebih berpori, dan inilah yang menyebabkannya kering.
Akibatnya, kulit terasa gatal dan lebih sensitif.

6. Mata Anda berubah bentuk
Seiring bertambahnya usia, tulang manusia pun akan semakin menjorok ke dalam. Area yang akan paling menonjol adalah sudut dalam atas dan sudut luar bawah tengkorak, seperti mata. Hasilnya, mata yang tadinya berbentuk bulat lama kelamaan akan terlihat horisontal.

Satu-satunya cara terbaik untuk mengatasinya penuaan dini ini adalah dengan menggunakan produk perawatan mata, seperti eye cream.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini