Sukses

5 Cara yang Harus Dicoba Pencinta Kopi untuk Bisa Berhemat

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda merupakan coffee lover? Jika iya, mungkin nongkrong di coffee shop langganan sudah menjadi agenda wajib hampir setiap hari. Meskipun menyenangkan, terlalu sering nongkrong di coffee shop bisa membuat dompet cepat tipis.
Jika Anda merasa kalau kondisi finansial pas-pasan, maka ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar hobi minum kopi bisa tetap dilakukan sambil berhemat. Yuk cek beberapa cara berikut ini:

1. Hunting tempat lain yang lebih murah
Daripada nongkrong setiap hari di kafe mahal yang itu-itu aja, coba sekali-kali ganti suasana dengan mengunjungi kafe yang belum pernah Anda datangi. Bisa jadi Anda menemukan alternatif tempat baru yang lebih murah dan ramah dompet. Bagi penyuka kopi bubuk, coba Anda campur dengan kopi bubuk dengan brand yang lebih murah untuk berganti suasana.

2. Coba buat sendiri di rumah atau di kantor
Salah satu cara terbaik untuk berhemat minum kopi adalah menggunakan kopi bubuk yang diseduh sendiri di rumah. Anda bisa menyeduhnya dengan kreasi Anda sendiri juga, dan tentunya hampir tidak ada biaya yang dikeluarkan selain harga kopi bubuk. Bagi pekerja kantoran, Anda juga bisa menyeduh sendiri di kantor.

3. Gunakan mesin pembuat kopi sendiri
Cara lain untuk berhemat adalah dengan menggunakan biji kopi. Anda bisa membeli sendiri mesin pembuat kopi manual atau otomatis untuk menyeduh kopi langsung dari bijinya. Memang harga mesin pembuat kopi ini bervariasi, jadi anggaplah investasi jangka panjang untuk penghematan kopi 

4. Coba alternatif kopi
Kalau biasanya Anda minum kopi sampai 3 atau 4 gelas sehari, coba kurangi menjadi 1-2 gelas. Ganti dengan alternatif minuman lain seperti jus atau bahkan air putih. Selain menyehatkan tubuh, alternatif minuman ini juga menyehatkan kantong.

5. Gunakan promo dan diskon
Beberapa coffee shop terkadang mengadakan promo khusus, misalnya promo event tahun baru, event bulan puasa, atau mungkin ulang tahun. Selain itu, ada juga beberapa promo reguler yang dapat Anda gunakan dengan kartu kredit tertentu.

Untuk menemukan kartu kredit yang tepat, gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

 

Artikel Selanjutnya
Sedang Menganggur? Lakukan Hal Ini Biar Tetap Produktif
Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya