Sukses

7 Kesalahan di Rumah yang Bisa Picu Kebakaran

Berikut tujuh kesalahan di rumah yang bisa memicu kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang menginginkan musibah kebakaran terjadi di rumah. Upaya pencegahan biasanya telah dipersiapkan demi keamanan seluruh penghuni rumah.

Namun, seperti dilansir dari Countryliving.com, Selasa (5/9/2016), ternyata terdapat banyak kesalahan dan kecerobohan yang masih sering dilakukan di rumah. Hal ini yang kemudian menjadi pemicu kebakaran. Apa saja? Simak pada poin-poin berikut ini.

1. Jarang mengecek talang air

Talang air memang berfungsi untuk menyalurkan air. Namun, banyak yang tak menyangka bahwa talang air dapat mengumpulkan banyak hal yang bisa memicu kebakaran. Salah satu benda yang rawan api adalah daun-daun kering. Karena talang air biasanya berada dekat dengan atap, sangat mudah untuk menyalurkan api ke atap seluruh rumah. 

2. Tidak mengecek keadaan atap

Berapa sering Anda mengecek keadaan atap rumah Anda? Pasti banyak yang hampir tidak pernah melakukannya bukan? Padahal, keadaan atap sangat penting untuk mengetahui seberapa kuat ia melindungi rumah Anda, terutama dari kobaran api. Kebakaran yang merambat paling sering tersebar melalui atap.

3. Investasi pada jendela dengan panel ganda

Jendela jenis ini memiliki panel ganda yang dapat melindungi rumah Anda dari kobaran api yang merambat. Jika terdapat kebakaran di luar rumah Anda, jendela jenis ini memiliki pengamanan ganda yang tidak akan membuat jendela pecah dan membiarkan api masuk. Mereka menahan panas dari luar dan membuatnya tidak masuk ke dalam.

4. Tidak memindahkan perabot di beranda

Jika terjadi musibah kebakaran di area rumah Anda, segera cegah agar tidak masuk ke rumah dengan memindahkan perabot di teras atau beranda. Bila Anda memiliki kursi rotan atau meja kayu di luar, segera pindah ke dalam.

5. Jaga jarak tanaman atau kayu dengan rumah

Tanaman atau pohon dengan kayu harus memiliki jarak aman agar tidak menyalurkan api ke rumah. Selain itu, kebiasaan menumpuk potongan kayu atau kayu bekas di dekat rumah juga membahayakan rumah dari rambatan api. 

6. Meletakkan bahan bakar di garasi

Meletakkan bahan bakar atau peralatan bengkel yang mudah terbakar di garasi, dapat memicu ledakan dan membuat rumah mudah terbakar. Sebaiknya, simpan peralatan ini di ruang terpisah atau lemari terpisah di luar gedung utama.

7. Membiarkan daun kering

Daun kering dan tanaman kering yang sudah mati di halaman dapat memicu penyebaran api yang cepat ke rumah. Sebaliknya, sapu dan benahi halaman tiap tiga hari sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini