Sukses

6 Bahan Dapur Ini Membuat Rumah Bebas Kecoak

Kecoa mungkin menyukai dapur Anda, tetapi ada pula bahan-bahan dapur yang dapat mengusirnya.

Liputan6.com, Jakarta Kecoak mungkin menyukai dapur Anda, tetapi ada pula bahan-bahan dapur yang dapat mengusirnya. Bahan-bahan ini dapat diaplikasikan dengan mudah dan efisien dalam menyingkirkan kecoa dari rumah.

Kecoak dalam rumah memang menjengkelkan. Rumah Anda terkesan jorok dan kotor, dan yang lebih parah, kecoak bisa menyebarkan bakteri, penyakit, mengotori dinding, merusak buku, bahkan menimbulkan lubang pada baju.

Dilansir dari laman Health n Body Tips, Jumat (2/9/2016), berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk mengusir hewan kecil ini.

1. Bubuk kopi

Jangan simpan bubuk kopi di kulkas.
Kecoak menyukai aroma kopi. Di sisi lain, para ahli mengklaim bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat membunh mereka. Anda dapat menggunakan bubuk kopi, air, cangkir kecil, dan toples. Anda bisa menyeduh kopi di cangkir kecil yang diletakkan dalam toples yang diisi sedikit air. Anda bisa menaruh toples tersebut di dekat sarang kecoa. Mereka akan tertarik untuk masuk ke dalam toples, tetapi tidak bisa keluar lagi.

2. Tepung dan boraks

11 Produk Perawatan Kulit Alami Ini Sudah Anda Miliki. Sumber : marieclaire.com
Ini ramuan tepat untuk membunuh kecoak. Campurkan tepung dengan boraks, dan tambahkan dengan gula bubuk. Anda bisa meletakkan campuran ini pada area dapur. Ini dapat membunuh kecoak, tetapi tidak terlalu berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan. Meskipun ada pula risiko keracunan jika tidak sengaja memakannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan dapur usir kecoa

3. Daun pandan

Bukan hanya rasa dan wangi khasnya, ternyata daun pandan memiliki sejumlah manfaat kesehatan.
Daun pandan yang sering dipakai sebagai pelengkap masakan, ternyata dapat menjadi pengusir kecoak juga. Potong daun pandan dan ikat, Anda juga dapat mengikatkannya ke berbagai tempat di rumah. Selain memberikan aroma segar, daun pandan juga mampu mengusir kecoak.

4. Cabai, bawang merah, dan bawang putih

Masker cabai. Foto: hermawayne.blogspot
Ini efektif dalam mengusir kecoak karena kecoak tidak menyukai sesuatu yang pedas. Lumatkan semua bahan dan campur dengan air. Anda bisa menyemprotkannya ke area yang sering dilewati kecoak.

3 dari 3 halaman

Bahan dapur usir kecoa

5. Baking soda dan gula bubuk

baking soda
Baking soda juga dapat mengusir kecoak, tetapi lebih aman daripada boraks. Sehingga Anda lebih mungkin menaruhnya di rumah tanpa takut menyebabkan keracunan. Anda bisa menaruhnya di tempat-tempat yang sering dilewati kecoak. Tujuan mencampurnya dengan gula bubuk adalah untuk menarik kecoak. Sementara baking soda lah yang membunuhnya.

6. Kulit mentimun

Ilustrasi mentimun (iStockphoto)
Kulit mentimun mungkin cukup efektif dalam mengusir kecoak dari rumah. Meskipun efeknya lebih rendah daripada bahan lainnya. Namun karena bahan ini murah dan cukup mudah ditemui, kenapa tidak dicoba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.