Sukses

7 Cara Menunjukkan Rasa Cinta Walaupun Anda Sedang Marah

Kemarahan bukan alasan bagi Anda untuk membuat pasangan merasa buruk, tunjukkan cinta Anda dengan cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Rasa marah adalah suatu bentuk emosi yang nyata dan tidak mungkin dihindari. Ironisnya, perasaan marah tersebut justru terkadang datang dari orang yang paling Anda cintai.

Namun, hanya karena perasaan marah, tidak berarti Anda harus membuat orang yang Anda cintai merasa buruk. Orang-orang menampilkan kemarahan dengan cara beragam, ada yang berteriak, menangis, atau diam.

Pertanyaan yang mungkin sering muncul dalam benak Anda adalah bagaimana menunjukkan rasa peduli terhadap orang yang Anda cintai, walaupun dalam keadaan marah?

Dilansir dari yourtango.com, Sabtu (3/9/2016), berikut ini adalah cara mengatakan cinta kepada pasangan, bahkan ketika Anda sedang marah atau kesal.

1. Komunikasikan perasaan Anda
Tidak masalah memberitahu orang lain tentang perasaan Anda, namun beri mereka penjelasan tentang perasaan tersebut. Cara ini juga berlaku jika Anda memiliki anak.

2. Jangan menahan perasaan cinta atau perhatian
Terkadang butuh waktu untuk meredam emosi setelah beradu argumen, namun lakukan apa saja yang biasa  dilakukan untuk orang yang Anda cintai.
Berubah secara tiba-tiba hanya akan menunjukkan ketidakdewasaan Anda dan membuat situasi semakin buruk.

3. Keluarkan kemarahan dalam jurnal, bukan pada pasangan 
Kemarahan membutuhkan penyaluran, namun kekerasan fisik tidak dapat diperbaiki dalam hubungan. Sedangkan menulis dapat memberi Anda ruang untuk berekspresi, berpikir, dan berkomunikasi dengan pikiran yang lebih jelas.

4. Simpan konflik secara pribadi
Jangan tulis tentang kemarahan Anda di media sosial, hormati privasi hubungan Anda. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda menghormati apa yang terjadi di antara Anda dan pasangan.

5. Lakukan gerakan kecil yang positif
Pecahkan ketegangan antara Anda dan pasangan dengan melakukan sesuatu yang kecil, namun bermakna. Misalnya, menonton TV bersama pasangan, walaupun Anda tidak menyukai tayangannya.

6. Mendengarkan orang lain
Sudut pandang Anda bukanlah satu-satunya perspektif dalam situasi seperti ini. Mintalah orang lain atau pasangan untuk berbagi, sehingga Anda akan memahami cerita dari 2 sudut.

7. Pelukan
Satu hal ini mungkin adalah gerakan yang paling sulit untuk dilakukan. Namun, setelah percakapan, tulisan, dan mendengarkan, memeluk pasangan adalah suatu tindakan nyata yang menyatakan bahwa Anda memang mencintai orang tersebut.

Kemarahan emosi benar-benar dapat menghancurkan hubungan, jadi berhati-hatilah terhadap apa yang Anda katakan pada saat marah dan bagaimana Anda mengelola emosi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini