Sukses

Ingin Hemat Saat Belanja Baju? Ikuti 8 Aturan Ini

Liputan6.com, Jakarta Siapa wanita yang tidak hobi belanja? Minimal, pasti Anda menyukai saat-saat menghabiskan waktu berkeliling dan mencoba berbagai macam busana. 

Hingga terkadang, wanita suka lupa diri dan menghabiskan banyak anggaran untuk penampilan. Ya, tak bisa dipungkiri berbelanja baju adalah salah satu kegiatan paling menyenangkan bagi wanita. Namun, jangan sampai ongkos belanja membuat kita kekurangan dalam anggaran lain.

Ingin tahu cara berhemat saat berbelanja? Simak 8 aturan yang dilansir dari Allyou.com, Kamis (31/8/2016) berikut ini.

1. Luangkan waktu di lemari

Mengenali berbagai jenis pakaian yang Anda miliki, bagaimana padu padan yang baik, potongan mana yang cocok di tubuh Anda dapat membuat pengetahuan lebih dalam ketika ingin berbelanja baju baru.

2. Lihat apa yang Anda butuhkan

Sebelum pergi ke toko baju, buat daftar barang apa saja yang Anda butuhkan untuk mengetahui apakah sudah memiliki barang tersebut sebelumnya. 

3. Berpikir seperti penata busana

Gunakan aplikasi padu padan baju untuk mendokumentasi koleksi yang telah Anda miliki. Ketika Anda membutuhkan sebuah baju, buat beberapa referensi sehingga Anda sudah mendapatkan gambaran ketika tiba di toko.

4. Pilih yang memiliki nilai jangka panjang

Jika Anda ingin membeli jaket, lebih baik pilih yang dapat bertahan 2 hingga 3 tahun dengan harga yang lebih mahal, dibandingkan dengan jaket murah yang hanya bertahan 6 bulan. 

5.  Gunakan baju yang tepat saat berbelanja

Mencoba baju bisa menjadi suatu kegiatan yang melelahkan, namun wajib dilakukan. Untuk memperlancar, pilih baju yang nyaman dan mudah dilepaskan, seperti gaun longgar, atau kaos dan legging.

6. Jangan beli busana yang harus dikoreksi

Jika Anda bukan penjahit, atau orang yang bisa menjahit, jangan beli busana yang harus dikoreksi lagi setelah pembelian. Baju yang sedikit kebesaran, atau kekecilan hanya akan berakhir di lemari Anda dan tak pernah dipakai.

7. Pilih yang memiliki harga bersahabat

Baju yang sedang tren penting untuk menjaga penampilan tetap segar. Namun, jenis baju ini hanya akan terlihat keren sekarang, tapi tidak dalam beberapa bulan ke depan. Karena itu, pilih merek yang bersahabat di kantong agar Anda tidak membutuhkan anggaran belanja besar dengan durasi pemakaian yang singkat.

8. Ketika sampai di rumah

Setelah sampai rumah, coba lagi barang yang baru dibeli. Hal ini berguna untuk melihat apakah barang yang Anda beli cocok dipadankan dengan pakaian yang telah Anda miliki. Jangan buru-buru untuk memotong label harga, bisa saja warna baju tersebut tidak cocok dengan koleksi yang Anda miliki. Jika ya, Anda bisa menukar dengan warna atau model lain, tergantung kebijakan masing-masing toko.

Live Streaming Cornetto Pop Awards di SCTV

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Ide Dekorasi Praktis Kamar Mandi yang Stylish
Artikel Selanjutnya
Mulai Lakukan 6 Hal Ini untuk Turunkan Berat Badan