Sukses

Resep Praktis Puding Ubi Ungu yang Kaya Akan Nutrisi dan Manfaat

Jangan khawatir, untuk Anda yang bosan dengan cara pengolahan ubi yang itu-itu saja, yuk kita sulap ubi ungu menjadi sajian puding istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Bosan dengan dengan cara pengolahan ubi ungu yang digoreng, direbus, atau dibakar? Jangan khawatir, Anda dapat menyulapnya menjadi sajian puding yang istimewa.

Perlu diketahui, ubi ungu yang satu ini dapat berfungsi sebagai pewarna makanan yang cantik. Taknya hanya itu, beragam kandungan yang dapat menutrisi tubuh terkandung di dalamnya. Seperti Vitamin A, zinc, kalium, magnesium, tembaga, Vitamin C, Vitamin E, vitamin B1, mineral, lemak, protein, serat, dan karbohidrat. Ubi ungu bertekstur lembut dan rasanya manis, oleh karena itu cocok untuk diolah sebagai menu snack hingga menu dessert. Terdapat juga zat anti-oksidan dan betakaroten yang ada mampu menyerap polusi udara, menghambat pembekuan darah, mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan melindungi tubuh dari terserangnya berbagai penyakit kardiovaskular.

Untuk Anda yang memiliki masalah wasir, ubi ungu dengan kandungan serat kasar dapat memperlancar sistem pencernaan, sehingga tubuh terhindar dari masalah sembelit. Sedangkan bagi Anda yang ingin menjaga penampilan kulit wajah tetap prima, kandungan karotenoid yang ada pada ubi ungu efektif berfungsi sebagai anti-aging.

Penasaran ingin segera membuatnya di rumah bersama keluarga? Yuk kita intip resep praktis dan video tutorial memasak puding ubi ungu dari Kokiku Tv berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa berwarna putih
  • 700 ml susu cair
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram ubi ungu. Kukus dan haluskan
  • Wafer vanilla 

Tahapan:

  • Masukkan susu cair, agar-agar bubuk, vanilla extract, garam dan gula ke dalam panci. Kemudian masak sampai mendidih, sambil diaduk beberapa saat.
  • Setelah itu masukkan ubi ungu, kemudian aduk hingga rata. Kemudian, masak kembali sampai semuanya mendidih.
  • Tuangkan adonan puding ke dalam cetakan, letakkan wafer di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas sampai puding mengeras.
  • Hidangkan selagi dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.