Sukses

Trik Jitu Bangun Persona Branding dalam Karier

Liputan6.com, Jakarta Image atau persona seseorang menjadi penting bagi keberlangsungan karier. Di berbagai negara maju, persona sudah menjadi merek dagang yang bisa memudahkan Anda meningkatkan karier jika hal tersebut dijaga dengan baik. Seperti dikutip dari situs branded.me, Selasa (30/8/2016), persona seseorang dapat dilihat dari caranya menggunakan media sosial hingga cara berpakaian.

Namun demikian, persona dapat diibaratkan sebagai lari maraton bukan lari sprint, dibutuhkan waktu dan usaha lebih untuk mendapatkannya. Berikut beberapa hal yang bisa meningkatkan persona branding, sehingga memudahkan Anda mendapatkan karier idaman.

Mendefinisikan Persona Anda
Persona harus terkait dengan bisnis, meski keduanya merupakan dua hal yang terpisah. Untuk mendefinisikan dan memperkenalkan persona, Anda perlu menuliskan apa tugas Anda, kemampuan Anda, dan skil Anda di media sosial. Peran Anda dalam tim kerja juga sangat penting untuk dituliskan. Tuliskan dengan berpikir terlebih dahulu, Anda ingin dikenal sebagai apa?

Pakaian
Tidak dapat dipungkiri, pakaian yang Anda kenakan sesungguhnya dapat berbicara. Pakaian berbicara tentang diri Anda kepada orang lain. Oleh karenanya, di negara maju, cara berpakaian merupakan hal penting dalam bisnis yang juga perlu diperhatikan. Pakaian secara tidak langsung juga dapat membentuk persona Anda di dunia karier.

Miliki Attitute (Sikap) yang Baik
Sikap menjadi aspek paling penting dalam membentuk persona diri Anda. Membangun sikap bukan perkara satu atau dua hari, melainkan suatu proses yang terus berjalan lama saat Anda terjun di dunia karier. Dari catatan sikap Anda, terpampang persona diri Anda, hal ini mendorong Anda untuk tidak berbuat cacat dalam hal menjaga sikap, karena kecacatan kecil membuat persona Anda terganggu.

Terus Belajar
Tidak ada kesuksesan yang didapat dengan cara instan. Orang sukses kerap melakukan berbagai usaha hingga jatuh bangun sebelum mencapai sukses, begitu pun dalam mendapatkan persona branding. Anda perlu terus belajar, bertemu dengan orang baru, dan melakukan berbagai hal baru. Dengan begitu persona branding secara tidak langsung akan terbentuk dalam diri Anda sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.