Sukses

Jangan Pernah Menggaruk 6 Bagian Tubuh Ini

Liputan6.com, Jakarta Semua orang termasuk wanita tentu ingin memiliki kulit indah dan bebas noda. Jika Anda mendambakan kulit yang sehat, maka hindari menggaruk kulit Anda terlalu sering. Memang menggaruk merupakan gerakan refleks saat kita merasakan kulit gatal, iritasi, atau rangsangan saat ada benda asing pada kulit kita.

Perlu Anda ketahui tak semua bagian tubuh pantas untuk di garuk. Ada beberapa bagian tubuh yang tidak boleh Anda garuk, mengikis atau bahkan mengopeknya. Dilansir dari boldsky.com pada Selasa (30/8/2016) berikut ini adalah 7 bagian tubuh yang tidak boleh Anda garuk.

(foto: boldsky.com)

1. Kuku
Jangan pernah sesekali mencabut atau menggigit kuku Anda. Tanpa disadari kerap kali wanita menggigit kuku mereka saat kesal ataupun gelisah. Kebiasaan seperti itu bisa memperlambat pertumbuhan kuku Anda loh!

2. Wajah 
Salah satu tips untuk merawat kulit wajah Anda adalah dengan tidak mengikis atau memencet komedo Anda sampai keluar. Hal tersebut dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan noda permanen.

3. Gigitan nyamuk
Jangan pernah menggaruk terlalu keras di bagian tubuh bekas gigitan nyamuk. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan. Anda cukup mengusapnya untuk mengurangi rasa gatal.

(foto: boldsky.com)

4. Jerawat
Rasanya ingin sekali menggaruk bahkan memencet jerawat yang memerah pada wajah. Anda harus segera menghentikan kebiasaan seperti ini, karena kebiasaan ini dapat menyebabkan jaringan kulit rusak secara permanen dan jerawat Anda bisa semakin meradang.

5. Kudis di tubuh
Luka atau kudis yang sudah mengering akan menimbulkan rasa gatal dan membuat Anda ingin menggaruk. Sebaiknya hindari hal tersebut, karena itu dapat menyebabkan pendarahan, infeksi, dan menciptakan bekas luka yang permanen.

6. Cat kuku
Hentikan kebiasaan mengikis atau mengelupas cat kuku Anda. Hal ini dapat membuat kuku Anda kering dan rapuh.

 

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.