Sukses

Berendam Air Panas Habiskan Lebih Banyak Kalori daripada Olahraga

Anda malas berolahraga namun ingin tubuh langsing? Mungkin berendam air panas adalah jawabannya.

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga habis-habisan di gym, mengayuh sepeda secepat mungkin atau berjalan kaki dalam jarak jauh adalah cara-cara pasti yang sering dilakukan orang demi mendapatkan tubuh langsing.

Ya, membakar tumpukan kalori bukanlah hal yang mudah, bahkan banyak orang yang menghindarinya dan pasrah dengan bentuk tubuh yang terus melebar. Bagaimana jika ternyata ada cara yang lebih mudah dimana Anda hanya butuh duduk santai, relaks, dan menikmati waktu tenang dengan diri Anda sendiri?

Mungkin terdengar terlalu indah untuk jadi kenyataan, namun baru-baru ini para ahli dari Loughborough University menemukan bahwa berendam di dalam air panas 40 derajat Celcius lebih efektif membakar kalori dan menurunkan gula darah daripada berjalan cepat.

Dalam studi tersebut, Steve Faulkner dari Loughborough University di Inggris mengikuti 2300 peserta laki-laki setengah baya selama kurang lebih 20 tahun yang dilengkapi dengan monitor dan menemukan bahwa berendam air panas meningkatkan aliran darah dan membakar energi.

Menurut teori, daya magis dari berendam air panas adalah pada heat shock protein yang dilepaskan ketika suhu tubuh Anda dinaikkan secara signifikan dan pada gilirannya menurunkan kadar gula darah Anda. Jadi, berendam air panas selama satu jam sebenarnya setara dengan berjalan kaki selama 20-3- menit dan bisa membakar sekitar 126 kalori. Mendapatkan tubuh langsing jadi hal yang tidak mustahil, bukan?

Walaupun demikian, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi makanan apa pun dalam jumlah sangat banyak meskipun Anda berendam air panas setiap hari. Namun, hal ini mungkin dapat Anda jadikan motivasi untuk menjadikan berendam air panas sebagai salah satu rutinitas kesehatan Anda sehari-hari. Pertanyaannya adalah, apakah Anda akan bertahan dalam air sepanas 40 derajat selama satu jam? Kami tidak yakin tidak banyak orang yang bisa mengatasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini