Sukses

Setelah 62 Tahun, Pasangan Ini Dipisahkan di Panti Jompo Berbeda

Sedih, setelah 62 tahun bersama, pasangan ini terpaksa dipisahkan di rumah jompo berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Setelah 62 tahun menikah, pasangan asal Kanada, Wolf dan Anita Gottschalk menghadapi kenyataan yang pahit. Kakek nenek ini terpaksa dipisahkan hidup di rumah jompo berbeda, dan hanya dapat bertemu beberapa hari.

Seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com, Senin (29/8/2016), sudah 8 bulan pasangan ini hidup terpisah. Beberapa waktu dalam seminggu, anggota keluarga akan menjemput Anita (81 tahun) dan mengantarkan dirinya untuk mengunjung Wolf (83 tahun). Biasanya, tugas ini dilakukan oleh cucu mereka, Ashley Bartyik.

Tak tega melihat kakek nenek yang terpisahkan, Ashley mengunggah cerita yang menggambarkan situasi mereka di Facebook. "Ini adalah foto yang paling menyedihkan yang pernah saya ambil" tulis Ashley. Seperti yang dapat dilihat, mereka berdua terlihat sedang menghapus air mata.

Dalam unggahannya, Ashley menulis, bahwa Wolf menderita penyakit dementia, yang baru-baru ini juga telah didiagnosa menderita Lymphoma. Mereka menangis tiap bertemu satu sama lain. Ashley juga menulis, mungkin ada yang salah dalam sistem kesehatan di Kanada yang menyebabkan kakek dan neneknya terpisah. "Setelah 62 tahun bersama, mereka telah berpisah selama 8 bulan karena sistem kesehatan yang rumit" tulis Ashley.

Walaupun dementia belum memengaruhi ingatan Wolf terhadap istrinya, Ashley takut mereka tidak memiliki banyak waktu karena masalah kesehatan. Karena itu, Ashley mengajak teman-temannya untuk membagi cerita kakek nenek ini.

"Ini telah menjadi beban berat bagi keluarga kami. Kami harus membawa Anita yang berjarak 30 menit untuk bertemu Wolf, agar ia tetap mengenalinya. Sekarang dengan adanya penyakit kanker, perjuangan kami untuk menyatukan mereka menjadi semakin besar. Wolf bahkan tidak mendapatkan perawatan yang layak, yang seharusnya ia butuhkan. Kami telah menghubungi berbagai pihak untuk mendapatkan keadilan. Setelah 62 tahun menikah, mereka layak menghabiskan saat-saat terakhir mereka bersama di dalam gedung yang sama. Tolong bagikan unggahan ini kepada orang lain agar kami mendapatkan pertolongan".

Kini, unggahan Ashley tentang kakek nenek telah mendapatkan 5000 responden yang ikut membagikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.