Sukses

8 Trik Jitu Hemat Uang Belanja Makanan Setelah Gajian

Liputan6.com, Jakarta Belanja bulanan mungkin sudah menjadi rutinitas yang Anda lakukan setelah gajian. Namun, aktivitas ini jika tidak dilakukan dengan tepat bisa menjadi salah satu penyebab gaji Anda habis dengan cepat.

Memang Anda sudah membuat anggaran untuk ini, tetapi jika bisa lebih hemat, kenapa tidak? Berikut cara menghemat kebutuhan belanja bulanan makanan usai gajian seperti dilansir dari Huffington Post, Minggu (28/8/2016).

1. Hindari bagian tengah lorong
Makanan yang Anda butuhkan biasanya berada di setiap ujung lorong supermarket. Sementara bagian tengahnya justru tidak terlalu Anda butuhkan. Jika berjalan dari ujung lorong ke ujung lagi, maka Anda berisiko membuang uang untuk makanan-makanan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

2. Manfaatkanlah kupon belanja
Kupon belanja bisa menyelamatkan keuangan Anda. Maka jangan ragu untuk memanfaatkan kupon-kupon yang tersedia di situs-situs tertentu untuk potongan harga belanja yang fantastis.

3. Jangan tergoda merek
Merek seringkali menjadi perhatian Anda sebelum membeli makanan. Padahal kadang makanan-makanan tidak bermerek kualitasnya sama saja. Anda pun bisa lebih hemat.

1 dari 3 halaman

Posisi Rak dan Diskon

4. Lihat bagian atas dan bawah rak
Supermarket biasanya menempatkan bahan-bahan paling mahal di bagian rak yang sejajar dengan mata. Maka sempatkanlah untuk melihat bagian bawah dan atas rak untuk mendapatkan bahan-bahan yang lebih ekonomis.

5. Tunda beli sejumlah barang
Menunda membeli barang yang belum terlalu dibutuhkan sampai didiskon adalah keputusan yang tepat. Sebab, bukannya tak mungkin sebentar lagi produk itu akan diskon dan Anda bisa menghemat uang.

6. Jangan pergi belanja saat perut lapar
Belanja saat perut lapar membuat Anda cenderung boros. Mengapa? Karena otak akan mengirim sinyal bahwa Anda membutuhkan makanan. Padahal belum tentu makanan yang Anda beli adalah yang dibutuhkan. Maka mengonsumsi snack ringan sebelum Anda berbelanja dapat membantu Anda lebih menghemat.

2 dari 3 halaman

Daftar Belanja

7. Hindari makanan siap saji
Makanan siap saji jadi di supermarket memang menggoda. Namun, kebutuhan Anda berbelanja adalah stok makanan selama sebulan. Karena itu, makanan siap saji yang biasanya dijual lebih mahal akan membuat Anda boros.

8. Sempatkan membuat daftar belanja
Ini akan mempermudah Anda untuk belanja sesuai dengan kebutuhan. Daftar ini juga akan mengurangi risiko Anda tergoda membeli bahan-bahan yang tidak dibutuhkan.

Artikel Selanjutnya
3 Trik Merawat Sepatu Kesayangan Anda
Artikel Selanjutnya
3 Trik Cerdas Buat Rambut Bergelombang Saat Tidur di Malam Hari