Sukses

Apakah Anda Sudah Tahu Cara Memakai Bedak Finishing yang Tepat?

Finishing powder atau setting powder dapat meningkatkan daya tarik riasan Anda jika digunakan dengan tepat.

Liputan6.com, Jakarta Makeup bagi wanita memiliki variasi produk yang sangat banyak. Apakah Anda mengetahui apa saja fungsi bedak finishing atau setting powder? Mengetahui fungsi finishing powder saja tidak cukup, jangan sampai Anda mengaplikasikannya dengan cara yang salah.

Bedak finishing atau setting powder adalah bedak yang digunakan saat selesai merias wajah. Gunanya untuk menjaga agar foundation dan produk makeup lain di wajah tak cepat luntur atau pudar, dan juga untuk menyerap minyak. Selain itu bedak ini juga membuat kulit terlihat lebih halus dan mulus.
Sayangnya, banyak sekali wanita yang salah menggunakannya. Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan finishing powder agar dapat membantu memaksimalkan riasan wajah Anda? Simak tips yang dilansir dari Allure.com pada Senin (29/8/2016) berikut ini.

1. Tak bisa membedakan jenis bedak

Secara garis besar ada beberapa jenis bedak, dan sebagian besar wanita tak mengetahui beda fungsinya, ujar Beau Nelson, penata rias Katy Perry dan Kristin Stewart. Ada beberapa jenis bedak, yaitu:

a. Bedak mineral
Mampu menutupi segala noda di wajah dan membuat kulit wajah terlihat mulus, sehingga sebenarnya fungsinya sama dengan foundation. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan foundation cair dan bedak mineral di saat yang sama karena hasilnya terlihat sangat tebal di wajah.

b. Bedak tabur
Terdiri dari dua jenis, transparan atau translucent dan berwarna atau colored. Bedak berwarna cocok untuk menyeimbangkan warna kulit wajah, membuat kulit wajah lebih cerah serta menutupi warna merah di kulit wajah. Bedak transparan memiliki fungsi yang sama namun tak akan memberi tambahan warna ataupun mengkoreksi warna kulit wajah.

c. Bedak padat
Fungsinya sama dengan bedak tabur, namun mampu untuk lebih menutupi noda di kulit wajah dan membuat tampilan kuit wajah lebih halus lagi terlebih jika dibubuhkan dengan gerakan berputar.

2. Memakai finishing powder yang terlalu 'berat'
Menurut Daniel Chinchilla, penata rias Ariana Grande, sebaiknya pilih bedak finishing yang sangat ringan. Bedak finishing dengan tekstur berat selain terlihat sangat tebal di wajah juga bisa membuat foundation terlihat menggumpal.

3. Tak membaurkan foundation sebelum pakai bedak
Sebelum memakai bedak finishing, pastikan bahwa foundation Anda benar-benar dibaurkan sehalus mungkin di wajah dengan kuas ataupun spons, saran Valery Gherman perias wajah dari supermodel Kate Upton dan Chanel Iman. Hal ini membuat bedak menyatu dengan foundation sehingga kulit wajah terlihat mulus namun tetap alami.

4. Membiarkan foundation mengering sebelum memakai bedak finishing 
Daniel menyarankan untuk membubuhkan bedak langsung setelah foundation diaplikasikan di wajah. Lakukan gerakan menepuk bedak di seluruh kulit wajah agar foundation tahan lebih lama sekaligus untuk meratakan foundation tersebut.

(Ardi Suryaatmaja)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini