Sukses

Lakukan 7 Hal Ini Setiap Hari untuk Kulit Wajah yang Indah

Ingin kulit Anda terlihat indah? Tujuh hal berikut akan membantu Anda mewujudkannya.

Liputan6.com, Jakarta Wanita manapun tentu menginginkan kulit wajahnya terlihat indah setiap hari. Namun, kulit indah tentu tidak akan datang begitu saja tanpa langkah-langkah perawatan kulit yang tepat.

Supaya kulit tetap sehat dan cantik, perawatan rutin yang dilakukan setiap hari adalah hal yang mutlak dibutuhkan oleh wanita. Berikut adalah perawatan kulit yang wajib dilakukan tiap hari, berdasarkan artikel yang dilansir dari Goodhousekeeping pada Senin (29/8/2016). 

1. Gunakan pembersih yang tepat

Untuk kulit berminyak atau berjerawat, gunakan pembersih dengan salicylic gel ataupun pembersih yang mengandung benzoil peroxide. Untuk kulit kering atau kulit yang mulai menua, gunakan pembersih glycolic yang mengandung pelembap ataupun pembersih dengantekstur krim ataupun susu pembersih. Untuk kulit dengan noda gelap, pilih pembersih dengan kandungan AHA.

2. Minum chlorophyll

Di pagi hari, konsumsi minum segelas minuman chlorophyll atau minuman dengan zat hijau tinggi untuk mencerahkan, memberi oksigen dan melembapkan kulit. Mengonsumsi chlorophyll juga membantu tubuh menstimulasi sistem limfatik sehingga membantu tubuh mencegah selulit.

3. Hindari pemakaian terlalu banyak produk perawatan

Memakai terlalu banyak produk perawatan dalam saat yang sama bisa menimbulkan reaksi iritasi atau justru menutup pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

4. Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor

Hindari sering menyentuh wajah karena ini akan menyebarkan kotoran dan bakteri dari jari-jari tangan ke kulit yang bisa membuat jerawat. Sebelum pakai produk perawatan atau mengaplikasikan makeup, selalu ingat untuk cuci tangan dengan sabun terlebih dulu.

5. Pakai tabir surya setiap hari

Enggan memakai tabir surya karena merasa tiap hari naik mobil atau dalam ruangan? Ingat bahwa sinar ultraviolet mampu menembus kaca jendela mobil, ruangan, pesawat. Pilih tabir surya dengan broad spectrum atau mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dengan SPF 30.

6. Bersihkan kuas dan spons makeup secara teratur

Perangkat makeup Anda perlu dibersihkan setidaknya seminggu sekali untuk mencegah infeksi dan jerawat di kulit. Masukkan sedikit sampo lembut di gelas berisi air hangat, lalu celupkan bulu-bulu kuas dan spons dalam gelas tersebut. Untuk kuas, hindari mencelupkan bagian metal di leher kuas karena bisa melarutkan lem yang ada di bagian tersebut dan membuat bulu-bulu kuas lepas. Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan.

7. Hindari paparan panas secara langsung di kulit

Tak hanya sinar matahari, tapi panas langsung yang menerpa kulit wajah seperti panas dari perapian, hairdryer maupun lampu sebisa mungkin harus dihindari karena bisa menimbulkan peradangan serta merusak kolagen di kulit.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.