Sukses

Yayasan Putik Indonesia Berkarya Gelar Bazaar Indonesia Merdeka

Bazaar Indonesia Merdeka menjadi event perdana dari rangkaian program besar yang dimiliki Yayasan Putik Indonesia Berkarya (YPIB)

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Putik Indonesia Berkarya (YPIB) didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia menggelar Bazaar Indonesia Merdeka "Yang Muda Yang Berkarya untuk Indonesia" bertempat di Mitra Terrace, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pada 27 dan 28 Agustus 2016.

Ketua Panitia YPIB, Rininta melaporkan sebanyak 40 stand meramaikan Bazaar Indonesia Merdeka yang mulai dibuka pukul 10.00 Wib hingga 17.00 Wib. Mereka terdiri dari stand aksesoris, kerajinan tangan, pakaian, tas, dan produk-produk tradisional, serta stand makanan dan minuman.

Bazaar Indonesia Merdeka rupanya event perdana dari rangkaaun kegiatan YIPB yang beranggotakan para finasli putri remaja Indonesia tahun 70an dan 80an.

"Bazaar Indonesia Merdeka merupakan event perdana dari rangkaian kegiatan YPIB," kata Rininta dalam sambutannya saat pembukaan Bazaar Indonesia Merdeka di Jakarta, Sabtu (27/8).

Selain bazar kerajinan tangan dan kuliner, YPIB juga menggelar lomba-lomba yang melibatkan putri-putri remaja Indonesia serta talkshow dan demo dari para peserta bazar dan sponsor. Tak ketinggalan, terdapat stand dari suku Baduy dan masyarakat Baduy yang dihadirkan oleh Pemerintah Provinsi Banten.

"Acara ini tentunya akan sangat menarik dan menginspirasi serta menambah wawasan para generasi penerus bangsa," ujar Rininta.

Melalui Bazaar Indonesia Merdeka 2016, YPIB berharap dapat berkontribusi bagi kemajuan dan perkembangan perempuan Indonesia.

"Kami (YPIB) bersatu padu dan memiliki rasa kepedulian terhadap perkembangan, pemberdayaan dan kreatifitas remaja serta perempuan Indonesia. Bazaar Indonesia Merdeka kalini ini adalah karya YPIB didalam menumbuh kembangkan kreatifitas, ekonomi, dan promosi wisata bagi remaja Indonesia," kata Mungky Pusponegoro, Ketua YPIB dalam sambutannya.

Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI, acara Bazaar Indonesia Merdeka diresmikan oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata, Tazbir Abdullah. Dalam sambutannya, Tazbir Abdullah memberikan apresiasi yang tinggi untuk Yayasan Putik Indonesia Berkarya yang telah memberikan sumbangsih terhadap kemajuan bangsa.

"Atas nama Kementerian Pariwisata RI, kami memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Putik yang telah berupaya melakukan sesuatu yang nyata untuk menggerakkan perekonomian kita, khususnya pariwisata," ujar Tazbir.

Tazbir Abdullah, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara

Lebih lanjut, Tazbir juga mengajak para pengunjung dan masyarakat luas untuk menggalakkan gerakan membeli produk lokal untuk kemajuan perekonomian Indonesia.

"Pergi ke pameran jangan hanya lihat-lihat, pastikan untuk beli ya, tidak ada yang tidak beli. Sampaikan ke keluarga datang ke
pameran dan berikan apresiasi yang tinggi. Gerakan mempromosikan produk lokal sudah banyak, gerakan untuk membeli produk lokal yang
perlu digalakkan," kata Tazbir.

Bazaar Indonesia Merdeka digelar selama dua hari. Di hari Sabtu, 27 Agustus 2016 digelar lomba Presenter, Lomba Band Indie dan Paduan Suara Remaja. Talkshow dari Kemenpar, Euro Management, Beti Milagros, Telkomsel, Sritex, Aty Isman dan Chandra-Erly. Bazar hari pertama juga dimeriahkan dengan Fashion Show Putik dari Anne dan Zaskia Adya Mecca serta penampilan Band Panbers Junior.

Sementara pada tanggal 28 Agustus 2016 dilaksanakan lomba Paduan Suara Anak, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Fashion Show, Band Indie, dan lomba Marching Band. Kemudian untuk Talkshow menghadirkan narasumber dari Jak FM, Bank Indonesia, BPJS, DR. Vira, dan CMS. Bazar hari kedua turut dimeriahkan dengan penampilan Balet, Paduan Suara Anak, dan Line Dance. Tak ketinggalan segmen Beauty Class untuk perempuan Indonesia.

(Adv) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini