Sukses

Akhir Pekan Penuh Cinta di Bazaar Art Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Belum punya rencana di akhir pekan ini? Bikin akhir pekan makin berkesan dengan datang ke perhelatan seni Bazaar Art Jakarta (BAJ) 2016 yang sudah digelar sejak 25-28 Agustus 2016 di Grand Ballroom The-Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place. Ekshibisi bertema 'Food For Soul #IndonesianPride' ini menghadirkan lebih dari 1.500 karya seni dari karya anak negeri sampai mancanegara.

Selama dua hari dibuka, antusiasme pengunjung sungguh luar biasa. Antrean selalu terlihat mengular di pintu masuk ‎art fair yang sudah dihelat delapan kali ini.

"Kami bukan anak seni atau penikmat seni. Tapi pengin tahu gimana pameran seni berkelas internasional, sekaligus juga support seniman lokal. Saya jadi jatuh cinta sama pameran setelah keliling di sini," cerita Meidy saat berbincang dengan Liputan6.com akhir pekan lalu.

Ya, Bazaar Art Jakarta 2016 menjadi pembuktian jika Indonesia bisa memiliki art fair bertaraf internasional dan menjadi salah satu art fair serta art hub terbesar di Asia Tenggara.

Sebanyak 19 galeri lokal di antaranya Zola Zulu, Andrew Art & Gallery, Canna, Artsphere, Puri Art, Art 1, dan ROH Project. Sementara itu 23 galeri dari Amerika, Taiwan, Singapura, Korea, Prancis, Malaysia, Filipina, Jepang, Hong Kong, dan Spanyol melengkapi keberagaman berbagai jenis seni rupa.

Salah satu instalasi yang menari perhatian saat memasuki ruangan adalah sebuah jeruji besi warna merah berukuran raksasa dengan tulisan HOME karya Sri Astari. Atau karya yang fashion meets art perancang aksesori ternama Rinaldy A Yunardi dengan display Opera House di samping instalasi Welcome Home yang menarik perhatian.

"Nggak cukup sehari buat keliling di sini. Aku berencana datang lagi Sabtu-Minggu ini. Apalagi koleksi lukisannya lengkap banget. Salah satu yang disuka koleksi lukisan Arifien Neif dari Zola Zulu Gallery. Dia orang Indonesia tapi karyanya kelas Eropa banget," tutur Andreas mahasiswa Seni Murni IKJ.

Selain memajang karya seni, BAJ 2016 juga menyediakan berbagai gelaran program edukatif yang akan memuaskan rasa keingintahuan para pengunjung, dari seniman, kolektor, kurator, hingga awam.

Bazaar Art Jakarta digelar sejak 25-28 Agustus 2016 di Grand Ballroom The-Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place.

Seperti MALLart yang bekerjasama dengan Pacific Place sebagai venue dengan menempatkan berbagai seni mahakarya seniman Indonesia di berbagai posisi strategis. Ada juga EDUart yang menjadi workshop edukatif bagi pecinta seni seperti mural workshop bersama Sanchia T. Hamidjaja, 3D Artist workshop bersama Darbotz, dan pembuatan wayang bareng Kemal Ezedine.

Serta TALKart yang didukung oleh jajaran seniman lokal dan internasional dengan menyampaikan diskusi menarik seputar dunia seni bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Nia Dinata, Mira Lesmana, Dewa Budjana, dan Cosmas Gozali.

Nah, masih ada hari ini dan besok untuk menikmati pameran seni bergengsi di Jakarta sekaligus mendukung karya anak bangsa. Plus bisa mengabadikan foto-foto bersama karya seni dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini