Sukses

Lagu Bengawan Solo berdesir lembut di Republik Ceko

Lagu Bengawan Solo berdesir lembut di salah satu rumah sakit di Cerveny Kostelec di Republik Ceko.

Liputan6.com, Jakarta Para pasien yang rata-rata sudah lansia menikmati alunan musik tradisional Tim Muhibah Angklung 40 days in Europe, yang hari itu sengaja didatangkan untuk menghibur para pasien.

Pertunjukan Tim ‎angklung pimpinan Maulana Syuhada ini digelar di halaman belakang rumah sakit. Sejumlah pasien sengaja dibawa ke luar kamar perawatan, sebagian bahkan lengkap dengan tempat tidurnya agar bisa menyaksikan secara langsung Konser musik tradisional Indonesia.

Tak hanya lagu bengawan solo, sejumlah lagu tradisional seperti lalayaran dari bumi Parahyangan, dan jali-jali lagu dari Jakarta juga dimainkan.

Sejumlah pasien sengaja dibawa ke luar kamar perawatan, untuk menyaksikan Tim Muhibah Angklung beraksi.

Para lansia berwarganegara Ceko ini pun makin terhibur saat lagu seperti obladi oblada yang dipopulerkan kelompok The Beatles asal Inggris dan Mama Mia yg dinyanyikan kelompok ABBA as‎al Swedia dimainkan dengan alat musik bambu ini.

"Ini sangat hebat, benar-benar indah" ujar salah satu pasien yang terpesona dengan suara angklung.

Beberapa lansia akhirnya bahkan berjoget bersama menik‎mati hiburan angklung hingga jelang sore.

"Angklung Indonesia tidak hanya sekedar membawa misi budaya, tetapi juga bisa membawa misi perdagangan dan kini semakin lengkap dengan misi kemanusiaan yakni menghibur para lansia yang dirawat di rumah sakit seperti ini" ucap Erlin Resiana, salah ‎satu penanggung jawab Tim Muhibah Angklung 40 days in Europe.

Para lansia berwarganegara Ceko sangat terhibur dengan hadirnya Tim Muhibah Angklung di area rumah sakit.

Keberadaan Tim Muhibah Angklung di Republik Ceko ini dalam rangka mengikuti International Foklore Festival yang digelar di kota kecil Cerveny Kostelec. Ada 15 negara termasuk Indonesia yang mengikuti festival budaya tradisional tersebut, dan Tim Muhibah Angklung sukses menyabet juara 2, mengalahkan negara-negara seperti Israel, Spanyol, Aljazair hingga Slovakia.

(Muhammad Achir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini