Sukses

Wanita Sukses Skala Internasional? Intip 3 Tips dari Livi Zheng

Liputan6.com, Jakarta Livi Zheng adalah seorang wanita asal Indonesia yang telah berhasil menyutradarai beberapa film Hollywood. Filmnya yang berjudul Brush with Danger berhasil masuk seleksi nominasi Oscar dengan kategori Best Picture. Saat ini, Livi akan merilis film berikutnya yang berjudul Insight.

Semua prestasinya ini pernah membawa Livi menerima penghargaan Diaspora Creative Award pada 2015.

Tidak hanya aktif menjadi sineas, sejak usianya masih 4 tahun, Livi telah berlatih olahraga bela diri wushu. Ia telah berhasil meraih 26 medali, mulai dari pertandingan antarnegara bagian maupun internasional, seperti USA World Championship Las Vegas dan US Open, Florida.

Rabu (24/8/2016), Livi Zheng berbagi tipsnya untuk bisa sukses di dunia internasional.

1. Repetisi
Untuknya, repetisi penting diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Jangan mudah menyerah.
Sebagai sutradara, Livi mengakui bahwa idenya sering ditolak. Namun yang terpenting adalah terus mencoba, sampai berhasil.
"Kayaknya udah sering dengar ini ya, orang pintar itu kalahnya sama orang rajin. Kadang kita merasa kalo hari ini pekerjaan kita lagi jelek banget, tapi ternyata ada orang yang menganggap kalo itu bagus banget. Jadi boleh jenuh, tapi jangan menyerah, jalan terus aja. Kegagalan itu tanda keberhasilan. Makin sering gagal, berarti makin dekat sama kesuksesan," papar Livi kepada tim liputan6.com.

Sutradara Wanita, Livi Zheng (Liputan6.com/Fery Pradolo)

2. Passion
Passion adalah sesuatu yang tidak bisa digambarkan. Menurut Livi, apa yang membuat Anda bahagia, itulah passion.
"Kadang bagus banget hasilnya, tapi kamu enggak senang, itu bukan passion. Aku juga pernah ngajarin anak-anak jalanan yang punya semangat belajar, tapi orangtuanya enggak mampu membiayai. Ketika mereka berhasil karena kita, ada satu perasaan yang enggak bisa dibeli, joy. Ini juga yang aku rasakan di film. Dan perasaan ini enggak bisa dibohongi, kayak orang jatuh cinta," jelas Livi.

Sutradara Wanita, Livi Zheng (Liputan6.com/Fery Pradolo)

3. Mau memulai
Tiga tantangan terbesar di awal kariernya sebagai seorang sutradara adalah orang Asia, wanita, dan usia muda. Namun, Livi mampu meyakinkan bahwa setiap orang akan berhasil jika mau memulai dan mampu melewati masanya.
"Setiap mimpi, menurut aku yang paling susah adalah memulainya. Jadi ketika kita udah bisa memulai, pasti seterusnya sih lancar ya," cerita Livi di akhir wawancara yang dilakukan di kantor liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini