Sukses

Ini 3 Strategi dan Tips Jitu Berburu Lowongan Kerja

Liputan6.com, Jakarta Mencari sebuah pekerjaan merupakan hal yang tidak mudah, apalagi bagi mereka yang masih belum memiliki pengalaman kerja atau baru lulus dari bangku kuliah. Seiring berkembangnya zaman ada banyak jenis lowongan kerja baru yang bermunculan, dengan persaingan yang kian besar.

Dalam berburu lowongan pekerjaan, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Anda juga membutuhkan taktik cerdas agar bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Menyebar surat lamaran dan resume sebanyak-banyaknya tidak menjamin Anda bisa mendapat pekerjaan dengan cepat, dan tepat. Anda harus memperhatikan apa yang sedang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Dilansir dari Gulfnews.com pada Rabu (24/8/2016) berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat berburu lowongan kerja.

1.Pilih Platform yang Tepat
Memilih platform atau situs lowongan kerja online yang tepat dan terpercaya sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk menghindari berbagai macam penipuan, hal itu juga berfungsi untuk membantu Anda tetap terorganisir. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah rutin memeriksa notifikasi lowongan kerja secara teratur.

Anda juga bisa berlangganan notifikasi lowongan pekerjaan, berdasarkan kriteria pencarian dari beberapa perusahaan dan situs lowongan kerja secara online. Hal ini akan membuat perburuan lowongan kerja Anda menjadi lebih mudah. Pastikan untuk memeriksanya setiap hari.

2.Siapkan Dokumen
Siapkan segala dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat Anda akan diwawancara. Mulai dari resume, transkrip nilai, hingga surat rekomendasi. Pastikan data-data tersebut sudah diperbaharui dan siap dikirim. Walaupun kita sudah hidup di era serba digital, terkadang perusahaan menginginkan dokumen cetak yang masih baru dan tertata rapi.

Saat semua sudah terorganisir dengan rapi, Anda masih memiliki waktu untuk mencari beberapa lowongan kerja lainnya sebagai cadangan. Jika semua sudah terorganisir secara rapi, sangat besar peluang bagi Anda untuk diterima kerja.

3.Mencatat Setiap Lamaran
Jangan lupa untuk mencatat setiap lamaran kerja yang telah Anda kirimkan. Bila Catatan tersebut akan sangat membantu Anda untuk mengingat sekian banyak lamaran yang Anda ajukan, jika sewaktu-waktu Anda mendapat panggilan wawancara.

Itulah beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat berburu lowongan pekerjaan di suatu perusahaan. Selamat mencoba!

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.