Sukses

Ini Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta Setelah Anda menjalani panggilan wawancara kerja, biasanya bagian personalia membutuhkan beberapa waktu untuk memberikan kabar. Menunggu hasil dari wawancara kerja terkadang jadi sesuatu yang menegangkan, terlebih ketika kita sangat menginginkan pekerjaan tersebut. 

Untuk menjawab semua rasa penasaran, biasanya orang akan berpikir untuk menghubungi perusahaan tersebut. Tapi bagaimana caranya agar tidak terlihat terlalu ambisius, dan tetap profesional? Dilansir dari situs Business News Daily, Rabu (24/8/2016), berikut beberapa cara yang tepat.

Awali dengan terima kasih

Menindaklanjuti hasil wawancara menjadi kunci penting dalam mencari lowongan pekerjaan. Selain itu, tindakan ini juga menjadi tolak ukur perusahaan terhadap ketertarikan Anda. Langkah pertama yang baik adalah dengan mengirim pesan terima kasih lewat email kepada orang yang mewawancara, tak lebih dari 24 jam.

"Mengirim pesan, dapat memperlihatkan ketertarikan kandidat dalam perusahaan tersebut. Selain itu, ia juga dapat memberi informasi tambahan yang mungkin lupa disampaikan pada saat wawancara" jelas Kristen Kenny, wakil presiden laman pencarian kerja, CarGurus.

Kesabaran adalah kunci utama

Saat wawancara, kandidat harus bertanya tahapan selanjutnya untuk mengetahui kapan waktu yang tepat menghubungi bagian personalia. Jika tidak ada batasan waktu, seorang ahli menyarankan agar menunggu hingga 7 hari setelah mengirim ucapan terima kasih.

"Tiap perusahaan memiliki proses perekrutan yang berbeda. Selain berbeda biasanya mereka memiliki banyak kandidat, jadi ketika perusahaan belum menghubungi, bukan berarti Anda tidak potensial" jelas JD Conway, seorang senior talent acquisition di BambooHR. 

Jangan malu

Menanyakan hasil wawancara kerja bukan sesuatu yang mudah. Ini akan menjadi kegiatan yang canggung, apalagi jika tanggapannya ternyata tidak baik.

Menurut Conway, terkadang kandidat ragu-ragu untuk menanyakan hasil. Dan bisa juga, perusahaan belum memiliki hasil yang bisa disampaikan, yang menyebabkan keadaan yang canggung. Jangan ragu untuk menanyakan kelanjutan dari hasil wawancara Anda. Cukup tanyakan dengan bahasa profesional, dan tunggu jawabannya. Biasanya dalam beberapa hari dikirim email konfirmasi.

Namun, terdapat pula perusahaan yang terlalu pasif untuk menyatakan "tidak" pada kandidat. Padahal komunikasi transparan dibutuhkan agar memberi kejelasan dari kedua belah pihak. 

Yang perlu diingat juga, terkadang proses perekrutan tidak hanya bergantung pada kandidat, tapi juga pada keputusan internal dalam organisasi perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini