Sukses

Ini 4 Warna Cat Terburuk yang Bisa Turunkan Harga Rumah

Warna cat dapat mempengaruhi harga jual rumah. Berikut warna-warna yang perlu Anda hindari.

Liputan6.com, Jakarta Mengecat ulang merupakan cara yang paling mudah dan relatif murah untuk menyegarkan rumah. Namun, pemilihan warna penting untuk diperhatikan. Jangan sampai Anda memilih warna yang akan Anda sesali nantinya.

Apalagi untuk rumah yang akan dijual. Pemilihan warna yang salah akan membuat calon pembeli mengurungkan niat meskipun kelihatannya rumah sudah lebih segar karena habis dicat ulang.

Pemilihan cat yang salah juga dapat menurunkan harga jual rumah. Menurut Home Advisor, warna cat rumah eksterior mempengaruhi harga jual rumah. Dikutip dari National Home Color Survey 2013, kombinasi warna cat rumah favorit antara lain warna putih dan abu-abu, beige (antara abu-abu dan cokelat) dan abu-abu tua, serta abu-abu dan hitam.

Warna-warna netral juga baik untuk interior rumah. Warna terbaik untuk interior rumah pada 2016 termasuk putih dan warna hijau natural. Warna-warna ini juga dapat meningkatkan harga jual rumah.

Svenja Gudell, peneliti dari Zillow Group, mengatakan warna cat baru merupakan cara memperbaiki tampilan rumah. Namun, jika pemilihan warnanya salah, mengecat ulang justru akan menurunkan warna rumah.

"Pemilihan warna netral hangat seperti kuning atau abu-abu terang terkesan stylish dan bersih, sehingga menunjukkan bahwa rumah itu dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya," kata Gudell, seperti dikutip dari Time, Rabu (24/8/2016).

Sementara abu-abu dan kuning merupakan warna cat populer bagi calon pembeli, ada pula warna yang sebaiknya Anda hindari. Apa saja warna itu?

1. Putih gading atau kulit telur
Warna ini mungkin terkesan aman, tetapi nyatanya rumah yang dicat dengan warna ini terjual lebih murah daripada yang seharusnya. Warna kuning justru membuat harga rumah meningkat. Jika Anda ingin memilih warna ini, sebaiknya kombinasikan dengan warna lain yang lebih atraktif.

2. Cokelat tua
Warna cokelat tua tidak akan menarik pembeli. Harga rumah akan menukik tajam bila Anda mengecat rumah dengan warna ini. Apalagi jika Anda menggunakannya pada kamar mandi.

3. Terakota
Ini adalah salah satu warna terburuk untuk dipakai di ruang tamu karena dapat menurunkan harga rumah cukup banyak. Warna paling baik dipakai di ruang tamu adalah abu-abu muda.

4. Abu-abu tua
Meskipun kombinasinya dengan hitam cocok untuk cat rumah luar. Namun, jika warna ini dipakai untuk ruang tengah atau ruang makan, harga rumah bisa anjlok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini