Sukses

Trik Mudah Mengembalikan Sweter yang Menyusut seperti Semula

Sweter Anda menyusut karena tak sengaja masuk ke dalam mesin cuci? Baca trik mudah untuk mengembalikannya seperti semula berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bayangkan ini, Anda sedang terburu-buru dan memasukkan setumpuk pakaian ke dalam mesin cuci bersama dengan sesendok penuh detergen, kemudian memindahkan tumpukan tersebut ke dalam mesin pengering sebelum pergi meninggalkan rumah. Tanpa sadar, ada sweter kesayangan Anda dalam tumpukan tersebut, apa yang terjadi?

Tentu saja sweter yang tadinya muat untuk Anda kenakan tiba-tiba menyusut seperti pakaian untuk seorang anak 5 tahun. Ya, hal ini umum terjadi. Agar Anda tidak terkejut di masa depan dan mengeluarkan uang untuk mengganti sweter yang keburu menyusut tersebut, sebuah trik mudah yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Rabu (24/8/2016) berikut ini bisa jadi solusi terbaik. 

Jawabannya ada pada sampo bayi dan air hangat. Seorang blogger gaya hidup bernama Jill Nystul menjelaskan bahwa merendam sweter Anda dalam air sabun hangat akan membuat serat-seratnya menjadi lebih relaks dan meregang. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan sepertiga cangkir sampo bayi dalam satu ember air hangat dan rendam sweter Anda selama setengah jam. Kemudian, peras dengan lembut tanpa membilasnya, sebab air sabun perlu terus bekerja aktif untuk meregangkan serat-serat sweter tersebut sampai bentuknya kembali secara semula. Secara bertahap, gulung sweter tersebut dalam sebuah handuk dan biarkan mengering selama 10 sampai 15 menit.

Tahap akhir adalah membuka gulungan handuk dan memindahkan sweter tersebut ke selembar handuk kering yang baru. Secara perlahan, regangkan sweter Anda yang sempat menyusut tersebut ke bentuknya yang semula dengan meletakkan beban seperti cangkir atau buku di ujung-ujungnya. Tada! Sweter Anda seharusnya sudah kembali ke bentuk semula. Jika Anda memiliki alat steam, benda ini juga dapat membantu mengembalikan bentuk sweter kesayangan Anda yang sempat menyusut.

Tips lain untuk mencegah hal ini terjadi lagi adalah selalu menyiapkan keranjang pakaian yang terpisah untuk setiap jenis pakaian Anda. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini