Sukses

Jangan Duduk Sembarangan dengan Baju Renang Basah, Ini Alasannya

Wanita tidak disarankan untuk duduk sembarangan dengan baju renang basah, simak alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Musim panas adalah musim di mana kolam renang dipenuhi oleh banyak orang. Banyak juga yang sekadar berjemur di pantai dan di pinggir kolam. Musim panas juga adalah saat di mana orang menceburkan diri di air berkandungan klorin dan berjalan-jalan dengan baju renang basah, yang ternyata sangat tidak dianjurkan oleh para ahli.

Seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Selasa (23/8/2016), hampir semua orang pernah berlama-lama duduk dengan baju renang basah. Fakta mengejutkan adalah bahwa aktivitas ini dapat berakibat buruk pada vagina wanita. Menurut Alyssa Dweck, seorang asisten profesor klinis dan ginekolog di Mount Sinai School of Medicine, jamur dan bakteri benar-benar berkembang dalam situasi lembab, tempat-tempat gelap, seperti baju renang basah atau pakaian olahraga yang basah.

Apakah Anda mengetahui apa itu yeast atau jamur dan mengapa keseimbangan sangat penting? Yeast adalah organisme kecil yang secara alami tumbuh di vagina dalam jumlah kecil, dan lingkungan dengan tingkat keasaman tinggi berfungsi untuk menjaga yeast untuk berkembang terlalu banyak. Namun, jika vagina Anda menjadi memiliki tingkat keasaman yang kurang, jamur dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi jamur yang gatal dan terbakar.

Keseimbangan ini umumnya berubah jika Anda mengonsumsi atau berhenti mengonsumsi pil KB, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik atau saat menstruasi. Namun, kelebihan kelembaban atau iritasi juga dapat mendorong yeast untuk tumbuh. Karena itulah, wanita tidak disarankan untuk tidak berlama-lama mengenakan celana basah atau dalam baju olahraga yang penuh keringat.

Klorin juga dapat mengganggu keseimbangan Anda dengan mempengaruhi tingkat pH alami Anda. Jika Anda berada di kolam dengan kandungan klorin terlalu lama, beberapa jenis bakteri baik yang membantu vagina tetap sehat dapat terbunuh, memungkinkan jamur candida berkembang terlalu banyak.

Kabar baiknya adalah, ada cara sederhana untuk menghindari semua ini. Yang harus Anda lakukan adalah hanya bilas tubuh segera setelah Anda meninggalkan kolam, melepas baju renang Anda dan menggantinya dengan pakaian dalam kering, lebih baik lagi yang bermaterial katun. Dan jika Anda menjadi salah satu wanita yang terganggu keseimbangannya, Anda dapat menemukan berbagai pilihan obat atau perawatan di apotek terdekat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.