Sukses

6 Cara Jitu Menjaga Celana Jeans Tetap Awet

Kesalahan dalam merawat celana jeans akan membuatnya cepat rusak, Yuk kita pelajari cara tepat menjaga celana jeans tetap awet seperti baru.

Liputan6.com, Jakarta Celana jeans salah satu fashion item yang membuat Anda tampak fashionable. Anda tentu ingin menjaganya tetap awet karena biasanya celana jeans tak lekang dimakan tren yang terus bergulir.

Namun, terkadang perawatan yang salah terhadap celana jeans kerap membuat celana ini cepat berubah warna, mengkerut, atau bahkan mengembang. Dilansir dari Bustle, Selasa (23/8/2016), berikut 6 cara merawat celana jeans dengan tepat agar tetap awet.

1. Tidak mencucinya terlalu sering
Mencuci celana jeans terlalu sering dapat membuat warnanya cepat pudar. Bahan celana jeans juga dirancang untuk dapat menahan debu dan minyak, sehingga tidak perlu sering dicuci. Ini merupakan kabar baik bagi Anda yang malas mencuci baju, bukan?

2. Gunakan air dingin saat mencucinya
Jika Anda harus mencuci jeans, pastikan Anda tidak menggunakan air panas. Air dengan suhu ruang atau cenderung dingin akan lebih mampu mempertahankan warna celana jeans.

3. Cuci dengan tangan
Mencuci dengan mesin cuci memang lebih praktis, tetapi mencuci dengan tangan lebih bersahabat untuk mempertahankan keawetan material jeans. Gunakan detergen ringan yang membantu Anda menyingkirkan debu dan minyak dari jeans. Kucek lembut dan tidak perlu disikat.

4. Selalu keringkan manual
Meski tergoda untuk segera memakainya, sebaiknya Anda tidak mengeringkannya di mesin pengering. Selalu keringkan celana jeans dengan cara menjemurnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Tidak menggunakan bleaching
Jeans berwarna lebih terang mungkin membuat Anda terlihat lebih fashionable. Namun, penggunaan bleaching untuk memudarkan warna jeans dapat membuat material jeans cepat rusak.

6. Hilangkan bau dengan oven
Karena tidak sering dicuci, jeans mungkin akan berbau kurang sedap. Untuk menghilangkan aroma tak sedap, Anda tidak perlu mencuci celana jeans, melainkan memasukkannya ke dalam oven. Bakteri penyebab bau akan hilang dalam sekejap, dan warna jeans akan tetap awet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.