Sukses

Apakah Pekerjaan Membuat Anda Rentan terhadap Penyakit?

Pekerjaan Anda dapat mempengaruhi kesehatan, simak faktanya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda punya pekerjaan yang mengharuskan Anda terbang antara zona waktu yang berbeda, bisa jadi Anda lebih rentan terhadap penyakit, seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Minggu (21/8/2016).

Selama ini Anda mungkin telah mengasumsikan bahwa kuman, AC, adalah biang keladi dari penyakit yang Anda derita, namun penelitian menunjukkan bahwa ada penyebab lain untuk itu. Jam biologis tubuh yang tidak jelas juga bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya kesehatan.

Mengapa? Jam biologis tubuh kita memiliki beberapa tanggung jawab penting. Tidak hanya mengatur siklus internal yang yang membuat kita merasa lelah dan terbangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan dimana Anda mungkin ingin bangun lebih siang, jam tubuh juga membantu untuk mengatur hormon, suhu tubuh, selera makan dan sistem pencernaan.

Jam biologis tubuh juga bekerja seperti perisai pelindung saat menghadapi infeksi virus, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal Prosiding National Academy of Sciences. Jadi, Anda dapat melihat bagaimana jam biologis yang tidak teratur dapat membuat tubuh Anda kebingungan. Pengaruh perjalanan pada tubuh Anda pernah telah diteliti secara luas dan menemukan bahwa jet lag benar-benar dapat membuat haid terlambat.

Jika Anda merusak jam biologis tubuh Anda, virus seperti flu dan pilek akan memiliki kesempatan lebih besar untuk masuk ke dalam tubuh, menyalip sel dan menyebar ke seluruh tubuh Anda, seperti yang disampaikan oleh Akhilesh Reddy, salah satu pengajar dari University of Cambridge dan juga seorang profesor di bidang experimental neurology.

Profesor Reddy melanjutkan untuk menjelaskan bahwa ketika jam biologis Anda terganggu, maka jam biologis tersebut seakan berada di tanah tak bertuan. Keadaan ini akan membuat seseorang dalam keadaan yang lebih mudah untuk mendapatkan infeksi. 

Jadi, demikianlah faktanya. Jika Anda bepergian banyak untuk bekerja, Anda dapat melindungi diri dengan berbagai macam hal agar tidak terinfeksi bakteri, namun pastikan juga Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup saat selesai bertugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini