Sukses

5 Cara Berkata Tidak, Tanpa Jadi Orang yang Menyebalkan

Terbiasa sulit menolak permintaan orang lain? Berikut ini adalah beberapa cara mengatakan tidak.

Liputan6.com, Jakarta Mengatakan tidak bisa menjadi hal yang sulit. Namun, bagaimana jika Anda memang harus menolak hal tersebut, seperti ajakan di saat-saat sibuk.

Keterpaksaan akan mengurangi kualitas pekerjaan dan membuat diri Anda tidak menyenangkan lagi di lingkungan sekitar. Dilansir dari purewow.com, Kamis (18/8/2016), berikut ini adalah beberapa cara mengatakan tidak, tanpa menjadi menyebalkan.

1. Luangkan waktu untuk berpikir
Untuk beberapa orang, berkata 'ya' adalah sebuah sistem otomatis. Inilah sebabnya Anda perlu berlatih untuk berpikir sejenak, sebelum menjawab.
Katakan pada teman Anda bahwa Anda akan memberikan jawaban pastinya besok, dan putuskan apakah Anda benar-benar ingin melakukannya atau tidak.

2. Jangan membuat janji kosong
Hal ini biasa terjadi ketika Anda bertemu dengan kenalan lama, berjanji untuk bertemu, kemudian membatalkannya di menit-menit terakhir. Terdengar familiar, bukan?

3. Rencanakan masa depan
Ini adalah cara mudah, Anda hanya tinggal menyiapkan kalender dan pensil. Tandai setiap tanggal di mana Anda ada kegiatan tertentu. Jadwal ini akan memudahkan Anda menolak ajakan yang bertepatan dengan jadwal Anda.

4. Katakan kebohongan 'putih'
Tidak ada yang menganjurkan Anda untuk berbohong, namun pasti ada satu kesempatan di mana Anda dapat melakukan kebohongan kecil, atau biasa disebut sebagai kebohongan putih.

5. Jelaskan siapa diri Anda
Jangan terbiasa untuk mengatakan kebohongan, katakan sejujurnya apa yang terjadi pada diri Anda ketika menolak ajakan tertentu, agar orang tersebut tidak bertanya-tanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini