Sukses

Jangan Pernah Gunakan 6 Benda Ini pada Miss V

Simak di sini, 6 benda yang harus dihindari miss V.

Liputan6.com, Jakarta Vagina atau sering disebut miss V adalah salah satu bagian penting dalam tubuh Anda. Pastinya, Anda selalu ingin menjadi area tersebut bersih dan segar. Berbagai perawatan miss V seperti sabun pembersih khusus, hingga perawatan uap di spa kecantikan, ada untuk menjadi kebersihan area intim.

Namun tahukah Anda, bahwa miss V tidak butuh Anda rawat, karena area ini telah menjaga keseimbangan sendiri. Bahkan, seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com, Sabtu (20/8/2016), terlalu sering membersihkan vagina dapat membuat keadaannya menjadi tidak baik.

Berikut 6 benda yang wajib Anda hindari di area miss V, agar dapat tetap sehat dan segar.

1. Minyak

Jika Anda khawatir dengan aroma miss V, pasti terdapat beberapa cara yang menyarankan Anda menggunakan minyak zaitun atau tea tree oil. Namun, ternyata minyak dapat mengganggu ekosistem dalam vagina Anda. Sebenarnya, aroma dalam vagina adalah hal yang wajar. Jika Anda merasa terganggu dengan aroma tertentu, lebih baik hubungi dokter spesialis.

2. Semprotan deodoran

Sekali lagi, vagina Anda tidak perlu memiliki aroma wangi yang menyegarkan. Jadi, Anda tidak butuh Feminine Hygiene Sprays atau benda sejenis. Justru, pewangi yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan iritasi bagi vagina.

3. Sabun

Sebenarnya, Anda hanya cukup mencuci ringkas miss v dengan sabun ringan. Dan yang perlu diingat, cukup bersihkan bagian luar vagina.

4. Semprotan air

Vagina adalah tempat dimana tumbuhkan bakteri baik yang membantu menghilangkan bakteri jahat. Jika Anda menyemprot vagina dengan air, tak hanya menghilangkan bakteri baik, tindakan ini juga mengacaukan keseimbangan di dalamnya. "Jika Anda menyemprot air, pH di dalam vagina berubah, menjadi sangat asam" jelas Dr Jenny K. Francis, MD, dari Columbia University Medical Center. Hal ini yang kemudian menyebabkan infeksi bakteri dan jamur.

5. Krim penghilang bulu

Krim penghilang bulu sebenarnya aman jika Anda memilih formulasi untuk kulit sensitif. Jika Anda ingin melakukan sendiri di rumah, sebaiknya cari krim yang benar-benar cocok untuk kulit sensitif, karena area vagina adalah salah satu bagian paling riskan. Lebih baik, gunakan pisau cukur atau lakukan waxing di salon terpercaya.

6. Uap

Hal ini disebut sebagai salah satu rahasia kecantikan artis Hollywood. Namun menurut Dr Jenny, hal ini tampaknya tidak dibutuhkan sama sekali. Lebih sedikit produk dan perawatan yang digunakan, akan lebih baik. Cukup berikan ruang untuk vagina bernafas, dan biarkan ia menjaga kebersihan secara natural.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini