Sukses

Ulang Tahun ke-7, Tokopedia Bukukan Transaksi Triliunan Rupiah

CEO Tokopedia William Tanuwijaya memaparkan beberapa pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih oleh Tokopedia.

Liputan6.com, Jakarta Tokopedia merayakan hari ulang tahunnya yang ketujuh pada Rabu (17/8) kemarin, bersamaan dengan HUT Ke-71 Republik Indonesia. Dalam perayaan ulang tahun yang mengusung tagline #RayakanKebebasanmu , CEO Tokopedia William Tanuwijaya memaparkan beberapa pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih oleh e-commerce yang lahir pada tahun 2009.

“Lebih dari satu juta masyarakat Indonesia telah memulai bisnis mereka di Tokopedia. Setiap bulannya lebih dari 16,5 juta produk terkirim ke pembeli yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, dengan angka transaksi mencapai triliunan rupiah per bulan,” terang William di Grand Ballrom, Pullman

Menurut SimilarWeb, Tokopedia kini menjadi situs asal Indonesia yang paling populer bagi netizen Indonesia, mengalahkan Twitter dan Wikipedia. Data AppAnnie di semester pertama 2016 juga menunjukkan bahwa aplikasi Tokopedia adalah aplikasi yang paling sering digunakan oleh penggemar jual beli online se-Indonesia. Total pengguna aktifnya dua kali lipat lebih besar dibandingkan pemain e-commerce lain.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya memaparkan beberapa pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih oleh Tokopedia.

Tokopedia melalui William juga mengumumkan perubahan yang sangat signifikan terkait kunjungan dan kontribusi transaksi dari perangkat bergerak atau mobile.

“Dua tahun yang lalu, kunjungan dari perangkat bergerak mencapai angka 56%, namun kontribusi transaksi baru di kisaran 29%. Berbeda jauh dengan saat ini. Pada akhir semester pertama 2016, 79.55% kunjungan sudah berasal dari perangkat bergerak dan lebih menariknya lagi, kontribusi transaksi dari mobile sudah mencapai angka 73.58%. Kini per bulannya, total kunjungan halaman di Tokopedia sudah mencapai 1,3 miliar laman, ” jelas William.

Pertumbuhan di atas nyatanya dirasakan oleh tidak hanya penjual dan pembelinya. Tokopedia pun berkontribusi ratusan miliar rupiah per bulan untuk industri logistik dalam negeri. Jutaan lapangan pekerjaan baru otomatis tercipta lewat pemilik bisnis online maupun tenaga kurir.

Tokopedia Jadi Kendaraan Jutaan Pemilik Merek Lokal “Rayakan Kebebasan”

Situs e-commerce yang berdiri sejak 2009 ini tidak melulu soal jual beli barang, tetapi juga kebijakan pemerintah untuk rakyatnya. Pemerintah daerah memanfaatkan big data dari Tokopedia untuk inisiatif dan pengambilan keputusan demi mendorong pertumbuhan industri lokal secara lebih tepat sasaran, melalui proyek Laman Kota.

Perbankan dan lembaga keuangan lain juga bisa menyalurkan kredit usaha ringan dan program pinjaman kepada merchant-merchant Tokopedia. Lewat rekam jejak bisnis digital dengan pertumbuhan transaksi yang tercatat, setiap pemilik bisnis online di platform Tokopedia bisa membangun kredibilitas mereka sendiri, terlepas dari tidak adanya toko fisik. Tokopedia, melalui program Mitra Toppers-nya, membantu menyalurkan kredit ini kepada para pebisnis online dengan nilai pinjaman hingga Rp 18 miliar per merchant.

Jutaan merek lokal pun berhasil meraih triliunan rupiah per bulannya bersama Tokopedia. Mereka berasal dari berbagai daerah yang tadinya tidak terdengar sekarang bisa mengepakkan sayap ke seluruh penjuru Indonesia. Masyarakat yang terbiasa mendapatkan produk dari agen atau tengkulak kini juga bisa mendapatkan harga lebih transparan.

“Misi kami adalah memastikan siapa saja masyarakat Indonesia dapat menikmati akses pemerataan ekonomi secara digital, baik dalam mencari dan menemukan produk kebutuhan mereka dengan harga terbaik yang transparan, juga kesempatan mereka memulai dan membangun mimpi, serta usaha mereka lewat Tokopedia," tutup William.

Isyana Sarasvati Menghibur Para Toopers

Isyana Sarasvati

Selain pemaparan mengenai pencapaian Tokopedia di usia ke-7 tahun, Tokopedia juga memberikan penghargaan untuk para Mitra Toppers diantara Tunas Tokopedia, Gema Tokopedia, Kartini Tokopedia, dan Top Community Tokopedia. Sementara itu untuk "Ciptakan Peluangmu Awards", seorang penjual meja lipat karakter berhasil meraih vote terbanyak sehingga mendapatkan hadiah utama sebesar Rp 50 Juta.  

Acara perayaan ulang tahun ke-7 Tokopedia yang dipandu oleh Kemal dan TJ ini juga dimeriahkan oleh rapper Iwa K, Komika Ernest Prakasa, dan penyanyi cantik bersuara merdu Isyana Sarasvati. Ketiganya sukses menghibur para Toppers dan tamu undangan yang hadir.

 

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini