Sukses

3 Gunung Ini Jadi Pilihan untuk Rayakan HUT Kemerdekaan

Banyak cara yang digunakan orang Indonesia untuk merayakan Hari Ulang Tahun kemerdekaan, salah satunya dengan mendaki gunung.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang digunakan orang Indonesia untuk merayakan Hari Ulang Tahun kemerdekaan. Selain mengikuti berbagai lomba, mulai dari panjat pinang hingga balap karung, mendaki gunung merupakan cara lain yang kini sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Hal tersebut tentu tidak mengherankan, pasalnya Indonesia memiliki banyak gunung dengan berbagai keindahan panorama matahari terbit yang menawan.

Shifa, salah seorang dari komunitas pecinta alam di Jakarta kepada Liputan6.com mengatakan, terlepas dari sedang tren atau tidak, mendaki gunung saat hari ulang tahun kemerdekaan RI baginya merupakan cara tersendiri untuk bisa merasakan beratnya sebuah perjuangan, seperti apa yang telah dilakukan para pahlawan.

“Proses mendaki gunung itu bukan hanya sampai di puncak terus bangga. Bukan hanya itu, secara psikologi saat kita berada di tempat yang lebih tinggi dari tempat yang lain atas usaha menempuh jalan panjang mendaki, itu akan bisa menguatkan mental, memunculkan effort yang lebih daripada sekadar ke tempat lain kayak ke pantai misalnya, dan yang terpenting mendaki gunung itu bisa memerdekakan kita dari rasa takut,” katanya.

Seperti disusun Liputan6.com, Selasa (16/8/2016), berikut 6 gunung yang paling banyak dipilih pendaki untuk mengibarkan sang saka merah putih di Hari Ulang Tahun kemerdekaan.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, Lombok/Business Insider

Berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, salah satu gunung dengan pemandangan alam paling menawan di Indonesia ini memiliki tinggi mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung yang menjadi bagian Taman Nasional Gunung Rinjani ini memiliki danau vulkanik seluas 41 ribu hektar. Banyak pendaki yang memilih mendaki Gunung Rinjani untuk merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Gunung Prau

Gagahnya merah putih di puncak Gunung Prau

Gunung Prau yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, ini masih menjadi pilihan para pendaki pemula yang ingin merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia. Puncaknya yang berada di ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut dapat ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan mendaki. Tahun lalu ada sekitar 6 ribu pendaki yang memadati puncak Gunung Prau untuk mengibarkan sang saka merah putih tepat di hari kemerdekaan.

Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, di Jawa Timur kini berstatus waspada. (Istimewa)

Gunung Semeru atau yang juga dikenal dengan nama Mahameru memiliki tinggi mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut. Dengan tinggi tersebut Gunung Semeru menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia, dan menjadi gunung paling tinggi di Pulau Jawa. Keindahan gunung ini tidak lepas dari keberadaan Ranu Kumbolo yang menawan. Tak heran jika gunung ini kerap menjadi pilihan banyak orang untuk merayakan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.