Sukses

5 Cara Ampuh Menjaga Sepatu Putih Favorit Tetap Bersih

Bingung bagaimana merawat sepatu putih favorit Anda tetap bersih sempurna? Simak caranya berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Sepatu putih memang menarik dan cocok dipadukan dengan pakaian warna apa saja. Tapi ketika sudah membelinya Anda harus ekstra hati-hati, agar sepatu putih Anda tetap bersih. Jika dibayangkan, memang sangat sulit menjaganya agar tetap bersih dan jauh dari noda di jalanan.

Apalagi jika Anda adalah orang yang senang beraktivitas di luar ruangan, noda lumpur, tumpahan kecap, atau minuman yang mengenai sepatu putih biasanya sulit untuk dibersihkan. Dikutip dari cheatsheet.com pada Senin (22/8/2016) berikut ini adalah 5 cara ampuh dan tips membersihkan sepatu untuk menjaga sepatu putih Anda tetap bersih.

1. Bersihkan dengan Sampo yang Lembut
Sampo yang lembut sangat ideal untuk menyingkirkan noda-noda minyak yang menempel di sepatu Anda. Anda hanya membutuhkan sampo, air hangat, dan sebuah kain. Basahkan kain dengan campuran air hangat tersebut lalu usapkan pada noda di sepatu putih secara perlahan lalu keringkan dengan handuk. Jangan pernah sesekali memasukkan sepatu Anda ke dalam mesin cuci dan pengering. Panas dari mesin cuci dapat merusak serat sepatu Anda.

(foto: cheatsheet.com)

2. Mengganti Tali Sepatu
Hanya mengganti sepasang tali dapat memberikan ilusi cerah pada sepatu Anda. Tapi, Anda juga bisa mencuci tali sepatu putih Anda dengan merendamnya dalam detergen, lalu cuci kembali dengan air panas. Dengan begitu tali sepatu putih Anda kembali cerah seperti baru.

3. Bersihkan Daerah yang Kotor dengan Penghilang Noda Portable
Melihat noda membandel yang hanya sedikit di titik tertentu, mungkin membuat Anda malas untuk membersihkan keseluruhannya. Menggunakan penghilang noda portable bisa menjadi alternatif Anda untuk mengatasinya.

baking soda

4. Gunakan Bahan Dapur
Membutuhkan perbaikan yang cepat tak mengharuskan Anda mencari bahan-bahan kimia yang mahal. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur seperti baking soda. Campurkan baking soda dengan air hangat, lalu gunakan cairan tersebut untuk membersihkan sepatu Anda menggunakan sikat gigi.

5. Gunakan Cat Kuku Putih
Daripada repot-repot membersihkan noda dengan cara mencucinya, menggunakan cat kuku putih tak Anda salahnya. Oleskan cat kuku putih di daerah sepatu yang kotor dengan satu atau dua lapis. Dengan begitu noda akan tersamarkan seketika.

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini