Sukses

Ikuti 6 Cara Ini, Presentasi Dijamin Sukses

Liputan6.com, Jakarta Tampil menyakinkan ketika harus menyampaikan presentasi dihadapan banyak orang tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh latihan dan proses panjang untuk bisa masuk kategori expert.

Untuk presentasi di depan banyak orang, kamu tak hanya harus menguasai materi tapi juga mengusai diri sendiri dan audience. Nah, supaya kamu mampu menyampaikan presentasi dan merebut perhatian para pendengar lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Tingkatkan Pengetahuan

Agar dapat lebih mudah menyampaikan isi dari presentasi, kamu harus menguasai dengan benar bahan yang akan disampaikan. Perbanyaklah informasi dengan cara membaca, berdiskusi dengan orang lain dan mencari bahan dari internet. Hal ini akan memudahkan kamu saat melakukan presentasi.

2. Perhatikan Penampilan

Berpakaian yang rapi dan bersih akan membuat kamu lebih percaya diri dan meyakinkan. Pakailah pakaian yang nyaman dan terbaik menurut kamu. Usahakan mengenakan pakaian berwarna cerah misalnya warna merah ataupun putih. Tapi, pastikan warnanya tidak menusuk mata siapa pun yang melihat.

3. Kenali Audience

Tak hanya harus menguasai materi presentasi, kamu juga harus menguasai diri sendiri dan audience.

Berbicara di depan orang banyak merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Tapi dengan mengetahui audience kamu seperti apa, itu akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Ada tiga fakta penting yang perlu kamu ketahui berkaitan dengan audience. Pertama, saat menyampaikan presentasi mereka menganggap Anda sebagai seorang ahli. Kedua, mereka ingin Anda sukses menyampaikan materi dan yang ketiga, mereka tidak pernah tahu tentang apa yang akan Anda bicarakan.

4. Lakukan Peregangan Tubuh

Lakukan gerakan peregangan tubuh sederhana sebelum memulai menyampaikan presentasi. Kegiatan ini dapat membantu membuka saraf sehingga oksigen mampu masuk lebih banyak dalam tubuh. Menarik nafas dalam-dalam sesaat sebelum presentasi juga dapat membantu Anda untuk mengurangi gugup dan menghilangkan rasa stress yang terkadang bisa menyerang.

5. Jangan Kaku dan Panik

Katika presentasi, jangan hanya kaku dan terdiam seperti patung. Berjalan atau bergerak di atas panggung akan membuat kamu terlihat santai namun serius.

Ketika kamu merasa melakukan kesalahan atau ada presentasi yang kurang, jangan bereaksi berlebihan. Jujurlah kepada audiensi dan lanjutan materi presentasi yang memang telah siap kamu sampaikan.

6. Tersenyum

Tak hanya harus menguasai materi presentasi, kamu juga harus menguasai diri sendiri dan audience.

Tak ada orang yang senang melihat wajah cemberut. Jadi, hadapi setiap tatapan dengan senyuman. Rasa kantuk mereka pasti bakal menghilang ketika melihatmu yang antusias dan tersenyum ramah. Karena tersenyum akan memperlihatkan gigi kamu, maka jangan sampai ada yang salah, misalnya ada sisa makanan yang menempel.

Untuk memastikan gigi bersih dan bebas bau mulut jangan lupa untuk menggunakan obat kumur favorit kamu. Sementara itu, jika ingin gigi kamu terlihat lebih putih tak ada salahnya juga menggunakan alat pemutih gigi yang memang terjamin kualitasnya. Untuk mendapatkan obat kumur dan alat pemutuh gigi, kamu bisa kunjungi Tokopedia, Mal online terbesar Indonesia dan tempat berkumpulkan toko serta online shop se-Indonesia.

Jadi, ingin sukses presentasi? Silahkan coba tips di atas dan praktekkan. Kalau punya tips dan kiat lainnya, kamu bisa tulis dikolom komentar.

Selamat presentasi dan semoga sukses.

(Adv)

 

 

Artikel Selanjutnya
Aksentuasi Scarf Bikin Gaya Makin Fashionable
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Dapatkan Diamonds di Gim Mobile Legends