Sukses

Ritual Adat Erau Digelar, Ini 6 Tempat yang Perlu Dikunjungi

Ingin menyaksikan ritual adat Erau sambil berwisata? Simak rekomendasi destinasi wisata favorit di Tenggarong ini.

Liputan6.com, Jakarta Sama halnya seperti Solo dan Yogyakarta, Kutai Kartanegara juga merupakan kesultanan di Indonesia yang masih eksis hingga kini dan berkembang menjadi destinasi wisata budaya menarik untuk dikunjungi. Dalam waktu dekat, tepatnya pada 20-28 Agustus 2016, kesultanan Kutai Kartanegara kembali akan menggelar ritual sakral adat Erau. Gelaran budaya ini menjadi menarik lantaran digabungkan dengan festival seni folklore bertaraf internasional.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kutai namun belum menentukan harus berwisata ke mana, berikut 6 destinasi wisata unggulan yang banyak dikunjungi wisatawan menurut Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara, Sri Wahyuni, seperti disusun tim Liputan6.com, Jumat (12/8/2016).

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman
Berlokasi di pusat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, museum ini menyimpan lebih dari 5 ribu artefak peninggalan bersejarah. Dari ribuan tersebut jika diklasifikasi terdapat 10 jenis, antara lain koleksi geologi, etnografika, biologika, arkeologi, historika, numismatika, fiologika, keramologi, teknologika hingga koleksi seni rupa.

Istana Kesultanan

Istana Kesultanan

Masih berlokasi di Tenggarong, Istana Kesultanan Kutai Kartanegara menjadi destinasi wisata yang selalu menjadi pilihan wisatawan karena mudah diakses. Tak hanya itu, daya tarik istana ini juga terdapat pada bentuk bangunannya yang art deco dan didominasi oleh beton yang kokoh, baik di bagian ruang bawah tanah, lantai, dinding, penyekat ruangan, hingga bangunan atapnya. Menempati lahan seluas sekitar 35 ribu hektar, pengunjung bisa menjelajahi tiap ruangan dan mencari tahu tentang kekayaan budaya kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Makam Raja-raja Kutai

Makam Raja-raja Kutai

Kutai Kartanegara merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar di Nusantara dan memiliki sejarah keberadaan yang pajang. Salah satu bukti kebesaran tersebut adalah ditemukannya makam raja-raja Kutai yang berusia lebih dari 600 tahun. Menurut legenda masyarakat setempat, Raja Kutai tidak dilahirkan seperti kebanyakan manusia, namun diturunkan langsung dari langit. Oleh karenanya banyak yang menganggap makan raja Kutai sebagai tempat sakral yang dianggap keramat.

Dayak Experience Centre

Dayak Experience Centre

Saat mengunjungi Tenggarong, Anda sangat dianjurkan untuk berwisata budaya ke Dayak Experience Centre. Berlokasi di Pulau Kumala, museum bergaya modern ini menyajikan informasi yang detail mengenai suku Dayak. Di dalamnya terdapat display informasi dan benda-benda budaya yang merepresentasikan kehidupan budaya dayak, seperti pakaian adat hingga senjata tradisional.

Planetarium Jagad Raya

Planetarium Jagad Raya

Diresmikan berdiri sejak 2003, pembangunan objek wisata edukasi ini merupakan bagian dari program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang pameran luar angkasa, aula pertunjukan, hingga perpustakaan, tempat ini menjadi wahana menarik bagi anak-anak maupun orang dewasa yang inign belajar mengenai dunia astronomi.

Waduk Panjisukarame

Waduk Panjisukarame

Danau buatan ini menjadi destinasi wisata keluarga yang banyak diminati wisatawan sejak pertama kali dibuka untuk umum. Salah satu destinasi wisata andalan Tenggarong ini memiliki luas lebih dari 32 hektar, yang dilengkapi dengan berbagai wahana rekreasi, seperti sepeda air, flyngfox, dan becak mini. Lebih dari itu, Waduk Panjisukarame juga memiliki keindahan alam yang masih asri dan cocok bagi Anda yang mendambakan keheningan taman hijau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini