Sukses

6 Perlengkapan Wajib Ala Backpacker

Saat memutuskan backpacker-an ada baiknya Anda mempertimbangkan 6 barang bawaan ini.

Liputan6.com, Jakarta Liburan dengan cara backpacker-an memberikan sensasi pengalaman yang tak akan Anda temukan bila bepergian menggunakan jasa travel. Ya, dengan liburan gaya menjelajah ini rasa petualangan akan begitu kental terasa.

Bagaimana tidak, semua proses menuju tempat tujuan seperti transportasi (tiket kereta online, tiket pesawat, bus, dsb), interaksi dengan penduduk sekitar, dan membawa perlengkapan semua dilakukan serba sendiri. Tentunya diperlukan perhitungan matang sebelum Anda benar-benar memutuskan memulai "petualangan".

Bagian terpenting tentu saja memperhitungkan barang bawaan yang akan menjadi teman Anda selama perjalanan. Anda harus benar-benar jeli memilah-milah barang yang harus dibawa agar efisien di perjalanan.

Kamera digital untuk mengabadikan momen petualangan

Ilustrasi backpacker menggunakan kamera digital

Selain berguna membangkitkan kenangan setelah perjalanan, sebuah foto juga menjadi "alat bukti" kalau kamu benar-benar melakukan perjalanan. Tak hanya itu hasil foto dengan kualitas baik juga memperindah postingan di media sosial. Pilih camdig yang miliki fitur dustproof, waterproof, dan shockproof agar terhindar dari risiko malfungsi dalam kondisi apapun.

Pastikan alas kaki selama perjalanan kuat dan nyaman

Ilustrasi sepatu kuat dan nyaman.

Kaki yang kuat tak cukup kalau tidak ditunjang alas kaki yang nyaman. Ya, hal itu begitu penting mengingat kaki akan melangkah cukup jauh selama perjalanan. Jangan ragu mengeluarkan uang untuk dapatkan sepatu yang bisa membuat nyaman dan tahan lama di segala medan. 

Agar tak bingung soal colokan pastikan selalu bawa universal adapter

Univesal adapter.

Perangkat elektronik portable tentunya membutuhkan daya listrik untuk memastikannya terus berfungsi. Sebenarnya powerbank dengan kapasitas besar bisa menjadi solusi, itupun perlu perkiraan berapa lama bisa bertahan. Ketersediaan universal adapter akan sangat membantu ketika bertemu dengan beragam stop kontak di tempat tujuan, terutama ketika bepergian ke luar negeri.

Biar aman dari pencopet ada baiknya kenakan money belt

Money belt.


Money belt dimaksud bukan tas kecil di depan perut yang diikatkan ke pinggang, tapi bentuknya benar-benar seperti ikat pinggang sehingga pencopet tak akan menyadari kalau ada uang tersimpan di sana. Cerdas bukan?

Bawa laptop dengan bobot ringan

Ilustrasi backpacker beraktivitas dengan laptop di alam terbuka.

Siapa sih saat ini yang tidak bisa lepas dengan namanya gadget seperti laptop. Ya, bagi Anda yang senang menulis bisa langsung menuangkan pengalaman petualangan backpacker-an ke blog atau sosial media berupa ketikan dengan nyaman. Dengan membawa laptop, memory card yang dari camdig atau smartphone penuh foto bisa langsung dipindahkan ke laptop sehingga lebih leluasa jeprat kepret kembali.

Pilih backpack/ ransel sesuai kebutuhan perjalanan

Ilustrasi tas ransel/ backpack.

Setelah memperhitungkan semua barang bawaan tentu yang terpenting memilih backpack atau tas ransel yang sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan selama perjalanan. Jangan asal pilih, sesuaikan dengan ukuran tubuh dan jumlah bawaan. Kalau perjalanan hanya dilakukan satu hari backpack dengan ukuran 30 liter terasa cukup. Lain halnya bila barang bawaan kamu cukup banyak, backpack atau bahkan carrier berukuran 50-70 liter wajib jadi pilihan.

Tak perlu bingung mencari backpack sesuai kebutuhan, di Tokopedia begitu banyak pilihan mulai dari model hingga harga yang beravariasi. Tak cuma barang, Tokopedia juga menyediakan layanan pesan tiket kereta api via online, jadi tak perlu repot lagi antri di loket dan bisa dipesan jauh-jauh hari.

Cara booking-nya pun amat mudah, cukup pesan tiket di Tokopedia, cetak tiket dengan menunjukkan kode booking, dan langsung berangkat di tempat tujuan, mudah kan? Metode pembayarannya pun sangat fleksibel mulai dari Kartu Kredit, BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, Mandiri e-cash, hingga pembayaran dengan Saldo Tokopedia.




(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.